The influence of brand experience and product quality on customer satisfaction and its impact on repurchase interest in Ades mineral water in Cilegon City

Mukhamad Faizal Syahroni, Sutisna Sutisna, Umalihayati Umalihayati

Abstract


Pendapatan PT Coca Cola Indonesia mengalami perubahan secara drastis.Produk Ades menjadi salah satu brand yang mengalami perubahan pendapatan, dalam persaingan bisnis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh langsung brand experience,product quality,kepuasan pelanggan terhadap minat beli ulang air mineral Ades,Pengaruh langsung brand experience,product quality terhadap kepuasan pelanggan,pengaruh tidak langsung brand experience,product quality terhadap minat beli ulang melalui kepuasan pelanggan.metode yang digunakan kuantitatif deskriptif dengan alat analisis SmartPLS 3.0. didapatkan temuan hasil penelitian bahwa terdapat pengaruh yang signifikan brand experience,product quality terhadap kepuasan pelanggan,terdapat pengaruh signifikan product quality terhadap terhadap minat beli ulang ,terdapat pengaruh signifikan kepuasan pelanggan terhadap minat beli ulang,tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara brand experience terhadap minat beli ulang. terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan brand experience,product quality terhadap minat beli ulang melalui variabel kepuasan pelanggan. disimpulkan terjadi mediasi penuh brand experience terhadap minat beli ulang melalui kepuasan pelanggan,dan terjadi mediasi parsial product quality terhadap minat beli ulang melalui kepuasan pelanggan.
Kata Kunci: brand experience, product quality, customer satisfaction, repurchase intention, Ades mineral water from PT Coca Cola.

Full Text:

Download PDF

References


Afrianata, Aldri, I B N Udayana, and Bernadetta Diansepti Maharani (2022). Pengaruh Product Quality Terhadap Brand Loyalty Melalui Brand Image Dan Brand Trust Sebagai Variabel Intervening The Influ.” 2(2): 439–47.“Volume . 19 Issue 2 ( 2022 ) Pages 439-447 AKUNTABEL : Jurnal Akuntansi Dan Keuangan ISSN : 0216-7743 ( Print ) 2528-1135 ( Online )

Agustina, and Djati Julitriarsa (2021). Pengaruh Pengalaman Konsumen Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Niat Beli Ulang Pada Pembelian Produk Skincare Di E-Commerce Shopee. Cakrawangsa Bisnis 2(2): 287–300.

Alfarizi, F Z (2021). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel.Jurnal Prosiding Konferensi Internasional (JICP) 4(2): 398–412. https://etd.umy.ac.id/id/eprint/5524/.

Amalia, T, and Y M M Ika (2019). Pengaruh Brand Personality, Sales Promotion, Dan Brand Experience Terhadap Brand Equity. 10(2): 262–70.

Ardyan, Elia, and Stiven Gunawan (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mark.on.Id. Performa 6(2): 104–13.

Arizona, A (2020). “Analisa Kepercayaan Merek Dan Pengalaman Merek Terhadap Loyalitas Konsumen PT. XYZ.” J. Abiwara J. Vokasi Adm. Bisnis 2(1): 59–72. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2729337&val=24837&title=

Bimrew Sendekie Belay (2022). “No Titleהכי קשה לראות את מה שבאמת לנגד העינים.” הארץ 1(8.5.2017): 2003–5.

Darmono, Steven Benedictus. (2020). Pengaruh product quality terhadap customer loyalty dengan customer satisfaction sebagai variabel intervening pada pengguna iphone di surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran 7(1): 9.

Ekaputr, Ashri Hasian (2018). Pengaruh Brand Experience Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Pada Repurchase Intention (Survei Pada Pelanggan Klinik Skin Care Di Kota Bandung). Jurnal Ilmu Manajemen Dan BisnisPengaruh Brand Experience terhadap Kepuasan Pelanggan serta Dampaknya pada Repurchase Intention 7(1): 1.

Ferdinand, A. (2014a). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi. In Badan Penerbit Undip (5th ed.).

-------------------(2014b). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi Tesis dan Desrtasi Ilmu Manajemen.

------------------. (2014c). Metode Penelitian Manajemen Edisi 5. Semarang: Undip Press.

Ghozali, Imam. (2014). Structural Equation Modeling, Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS). Edisi 4. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

------------------(2016) Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, J. F., Sarstedt, M., Ringle, C. M., & Mena, J. A (2012). An Assessment of the Use of Partial Least Squares Structural Equation Modeling in Marketing Research. Journal of the Academy of Marketing Science, 40(3), 414-433.

Hasanah, Ulfatul, and Eko Giyartiningrum (2022). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk Dan Endorsement Selebriti Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Skin Care MS GLOW.” Journal Competency of Business 5(02): 155–72.

Husein, Ananda Sabil (2018). Pengaruh pengalaman merek terhadap merek loyalitas di casual dining indonesia restoran : peran pelanggan. 24(1): 119–32.

Internasional, Kertas Jurnal, and Zein Zabella (2023). Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Repurchase Intention E Uang Di Kota Pontianak. 4: 8–20.

Kontemporer (2020). Pengaruh perceived quality terhadap brand satisfaction dan repurchase intention pada milenial generasi pengguna kartu pra- paid seluler xl surabaya di era industri revolusi 4 . 0 dengan timeless brand experience sebagai medias. Jurnal Bisnis, Hukum Asia, and Edisi 23(2006): 163–71.

Kristianto, David ( 2019). Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Ulang Generasi Y Pada Coffee Shop Di Surabaya , Dengan Coffee Presentation Sebagai Variabel Moderasi. Petra Business & Management Review 5(1): Fakultas Bisnis, Universitas Kristen Petra, and Jl Siwalankerto. 44–60.

Kotler, Philip., Keller, K.L (2013). Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua, Jakarta: Erlangga.

---------------------------------.(2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks.

Kumala, Ratih, and Ibrahim Abu Bakar (2021). Ilomata International Journal of Tax & Accounting ( IJTC ). Ilomata International Journal of Tax and Accpountingpounting 2(1): 97–112.

Mulyana, Adi (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang. Agora 7(2): 1–8.

Prahastisalsabila Salsabila, and Nurhadi (2022). Pengaruh Pengalaman Merek, Kepercayaan Merek Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Merek Pada Produk Hand & Body Lotion Lotion Nivea. Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis) 6(1): 184–98.

Pratama, Cris Satrya, and Ni Nyoman Yulianthini (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Niat Membeli Kembali Air Kemasan Merek Yeh Buleleng Di Kota Singaraja. Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol. 4 No. 2, Bulan Agustus Tahun 2022 P-ISSN: 2685-5526 11(2): 180–87.

Rachmawan, Ade (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Brand Trust, Brand Image Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Brand Loyality Pada Air Mineral Aqua (Studi Kasus Pada Konsumen Air Mineral Aqua Di Wilayah Tangerang Selatan).” Jurnal Pemasaran Kompetitif 2(1): 11–29.

Razak, Ismail (2019). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana 7(2): 7–8.

Ristyanadi, Bhiaztika, and Yunni Rusmawati Dwi Jayanti (2018). Pengaruh citra merk dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas konsumen (Studi Kasus Perilaku Konsumen Toko Roti Lyly Bakery).” Jurnal Manajemen 3(2): 690.

Rohman, M. F., Asiyah, S., & Prmanto, A. B. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Produk, Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Konsumen Di Koperasi Sinau Andandai Ekonomi (SAE) Pujon. Jurnal Riset Manajemen 11: 15–24.

Simanjuntak, Megawati, Hanum Rachmawati Nur, Bagus Sartono, and Mohamad Fazli Sabri ( 2020). A General Structural Equation Model of the Emotions and Repurchase Intention in Modern Retail. Management Science Letters 10(4): 801–14.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta

Trust, Brand (2019). Pengaruh Brand Experience , Brand Trust , Dan Brand Love Menuju Niat Beli Melalui Word Of Mouth Dan BrandLoyalty Sebagai Intervening Variables In Fashion Branded In Surabaya Timur. 7(9).

Vazifehdoost, Hossein et al.( 2018). Hubungan Kesadaran Merek , Asosiasi Merek Dan Persepsi Kualitas Dengan Loyalitas Merek Dan Niat Pembelian Kembali.7: 45–51.

Widayanto (2018). Pengaruh Kualitas Produk Layanan Dan Citra Merek (Brand Image) Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Pengguna Simcard IM3 (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis FISIP Undip). Jurnal Administrasi Bisnis 7(2): 61.

Yasri, Yasri, Perengki Susantoa, Mohammad Enamul Hoque, and Mia Ayu Gusti (2020). Persepsi Harga Dan Penampilan Harga Pada Niat Pembelian Kembali Gen Y : Apakah Pengalaman Merek Dan Preferensi Merek Memediasi ?” 6(November).




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.5560

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics