Strategi Customer Bonding Kedai Kopi Sebagai Ruang Publik

Tsulis Amiruddin Zahri, Padlun Fauzi, Febri Pranata

Abstract


Pertumbuhan wirausaha bidang makanan dan minuman di Kota Pangkal Pinang menjadi penyumbang perekonomian. Data Dinas Pariwisata tahun 2022 mencatat ada 168 penyedia usaha bidang tersebut yang salah satunya adalah kedai kopi. Sisi menarik dari pelaku usaha kedai kopi adalah memiliki varian kopi yang bersifat publik. Maka pelaku usaha berkompetisi dalam hal pelayanan dan desain ruang. Bisa diamati pada setiap kedai kopi menawarkan keunikan tersebut. Akhirnya usaha kedai kopi memiliki fungsi lain sebagai tempat nongkrong yang ideal untuk membicarakan banyak hal. Bahkan beberapa jenis pertemuan komunitas atau diskusi publik memilih kedai kopi sebagai ruang tersebut. Maka penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi costumer bonding yang dilakukan oleh pelaku usaha kedai kopi di Kota Pangkal Pinang dalam memposisikan diri sebagai ruang berbagi gagasan atau ruang publik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif dengan data primer berupa wawancara pada pelaku usaha dan didukung studi literatur terkait. Hasilnya adalah strategi yang digunakan oleh kedai kopi tradisional menjaga cita rasa kopi. Sedangkan kedai kopi modern berorientasi model bisnis tata ruang dan keunggulan pelayanan. Keduanya belum mengelola secara sengaja menjadikan kedai kopi sebagai ruang publik, namun secara organik teridentifkasi identitas pelanggan mengfungsikan kedai kopi sebagai ruang publik.
Kata Kunci: Customer Bonding, Kedai Kopi, Ruang Publik

Full Text:

Download PDF

References


Aaker, D. (1996). Building Merek Yang Kuat. Inggris: Amazon.

Agustika, S. (2022, Oktober 17). Dinas Pariwisata Catat Ada 169 Kafe dan Resto di Pangkalpinang, Jadi Pendukung Perekonomian. (Nurhayati, Editor) Retrieved from https://bangka.tribunnews.com: https://bangka.tribunnews.com/2022/10/17/dinas-pariwisata-catat-ada-169-kafe-dan-resto-di-pangkalpinang-jadi-pendukung-perekonomian

Amanda. (2020, Agustus 22). Tetap Eksis, Warkop Akew 80-an Ini Pertahankan Citarasa Kopi Otentik. (Geges, Editor) Retrieved from https://klikbabel.com: https://klikbabel.com/2020/08/22/tetap-eksis-warkop-akew-80-an-ini-pertahankan-citarasa-kopi-otentik

Beisi, J. (1997). Life in Public Spaces in a High Density Living Area. The Third International Convetion on Urban Planning. Housing and Design School of Architecture National.

Fauzi, E. P. (2019). Kedai Kopi dan Komunitas Seni Sebagai Wujud Ruang Publik Modern. Jurnalisa, 05(1), 16-30.

Garnham, H. L. (1985). Maintaining The Spirit of Place. Arizona: PDA Publisher Coorporation.

Habermas, J. (1989). Ruang Publik: Sebuah Kajian Kategori Tentang Masyarakat Borjuis. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Habermas, J. (2012). Ruang Publik: Sebuah Kajian Tentang Kategori Masyarakat Borjuis. (Y. Santoso, Trans.) Bantul: Kreasi Wacana.

Monalusia, S. (2014, November 23). Mengkritisi Konsep Ruang Publik Habermas. Retrieved from https://nasional.sindonews.com: https://nasional.sindonews.com/berita/927896/149/mengkritisi-konsep-ruang-publik-habermas

Mutahir, A., Chusna, A., & Taufiqurrohman, M. (2021). Praktik Keruangan Dan Keterasingan:Studi Warung Kopi Di Kota Purwokerto,Banyumas Jawa Tengah. Jurnal Pengembangan Kota, 9(2), 215-130.

Nugroho, R. (2023, Januari 14). Moeldoko Nikmati Kopi di Warkop, Berdialog dengan Warga Pangkalpinang, Dikira Sangar Ternyata Ramah. (Nurhayati, Editor) Retrieved from https://bangka.tribunnews.com: https://bangka.tribunnews.com/2023/01/14/moeldoko-nikmati-kopi-di-warkop-berdialog-dengan-warga-pangkalpinang-dikira-sangar-ternyata-ramah

Olifia, S., Rajagukguk, S., & Ananda, A. (2022). Makna Kedai Kopi Sebagai Ruang Publik Di Kalangan Remaja. IKON Jurnal Ilmu Komunikasi, XXVII(3), 251-266.

Purwanto, E. (2014). Privatisasi Ruang Publik dari Civic Center Menjadi Central Business District (Belajar dari Kasus Kawasan Simpang Lima Semarang). TATA LOKA, 16(3), 153-167.

Putri, G. J. (2013). Fungsi Coffee Shop Bagi Masyarakat Surabaya. AntroUnairDotNet, 2(1), 124-133.

Simamora, H. (2001). Manajemen Pemasaran Internasional. Jakarta: Salemba.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.5584

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics