Analisis Penerapan Fintech Payment terhadap Financial Behavior Customer berbasis Gender

Zikri Rahmani, Tiara Fitari

Abstract


Perkembangan dan kemajuan teknologi membuat aktivitas kehidupan kita menjadi semakin mudah dan dapat dilakukan secara digital sehingga memudahkan kerjasama yang dilakukan oleh individu maupun kelompok dengan tidak ada batas jarak dan waktu, tanpa tekecuali dalam transaksi keuangan. Kemajuan teknologi dalam bidang transaksi keuangan (fintech Payment) ini tentu merubah dan mempengaruhi pola pikir serta gaya hidup (financial behavior) masyarakat dalam aktifitas keuangannya. Tujuan dalam penelitian ini untuk menanganalisis bagaimana penerapan Fintech Payment terhadap Financial Behavior Customer berbasis Gender (Studi Kasus pada Usaha Retail di Kota Pangkalpinang). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu survei lapangan dengan wawancara dan pengisian kuisioner kepada responden, kemudian untuk menambah analisis dilakukan studi pustaka dan dokumentasi. Fokus dalam penelitian ini adalah menganalisis pengaruh penerapan Fintech Payment terhadap Financial Behavior Customers. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dan edukasi serta menganalisis bagaimana pengaruh Fintech Payment terhadap Financial Behavior Customer dalam kehidupan sehari-hari khususnya pada pelaku usaha retail yang ada di Kota Pangkal Pinang.

Kata Kunci: Fintech Payment, Financial Behavior dan usaha retail

Full Text:

Download PDF

References


APJII. (2020). SURVEY INTERNET. https://apjii.or.id/survei/surveiinternetapjii20192020q2-21072046

Aysa, imma R. (2021). Tantangan Transformasi Digital Bagi Kemajuan Perekonomian Indonesia Challenges of Digital Transformation for Indonesia’s Economic Progress. Jurnal At-Tamwil Kajian Ekonomi Syariah, 3(2), 140–153.

Baruch, Y., & Holtom, B. C. (2008). Survey response rate levels and trends in organizational research. Human Relations, 61(8), 1139–1160.

Cochran, W. (1963). Sampling Techniques (2nd ed.). John Wiley and Sons, Inc.

Hulland, J., Chow, Y. H., & Lam, S. (1996). Use of causal models in marketing research: A review. International Journal of Research in Marketing, 13(2), 181–197. https://doi.org/10.1016/0167-8116(96)00002-X

Indonesia, D. (2021). Digital Perkembangan Fintech. https://dataindonesia.id/digital/detail/jumlah-fintech-di-indonesia-terus-meningkat-hingga-2021

Kholilah, N. Al, & Iramani, R. (2013). Studi Financial Management Behavior Pada Masyarakat Surabaya. Journal of Business and Banking, 3(1), 69. https://doi.org/10.14414/jbb.v3i1.255

Lohr, S. L. (2021). Sampling: design and analysis. Chapman and Hall/CRC.

Mazambani, L., & Mutambara, E. (2020). Predicting FinTech innovation adoption in South Africa: the case of cryptocurrency. African Journal of Economic and Management Studies, 11(1), 30–50. https://doi.org/10.1108/AJEMS-04-2019-0152

Prasetyo, D., Yulianto, E., & Sunarti, S. (2016). PENGARUH IKLAN SECARA ONLINE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survey Pada Mahasiswa Pengguna Produk Telkomsel Internet 4G LTE). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 41(1), 172.

Rahma, F. A., & Susanti, S. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Financial Self Efficacy dan Fintech Payment terhadap Manajemen Keuangan Pribadi Mahasiswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3236–3247. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2690

Rifai, D., Fitri, S., & Ramadhan, I. N. (2022). Perkembangan Ekonomi Digital Mengenai Perilaku Pengguna Media Sosial Dalam Melakukan Transaksi. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 3(1), 49–52. https://doi.org/10.34306/abdi.v3i1.752

Sapsford, R., & Jupp. (1996). Data collection and analysis (V). Sage Publications.

Sari, D. P., & Siregar, Q. R. (2022). Pengaruh Sistem Pembayaran Online , Pola Gaya Hidup Dan Pengetahuan Keuangan Terhadap Perilaku Keuanganpada Mahasiswa Akhir Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. 3(2), 99–109.

Wang, X., & Cheng, Z. (2020). Cross-sectional studies: strengths, weaknesses, an




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.5625

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics