Studi Fenomenologi Motif Corporate Social Responsibility (CSR) Dalam Perspektif Etika Bisnis Pada PT. United Tractors Site Loa Janan-Sanga

Aolia Putri, Tuti Wediawati

Abstract


Corporate Social Responsibility (CSR) saat ini masih menjadi focus permasalahan yang cukup penting bagi eksistensi dunia bisnis. Corporate Social Responsibility (CSR) menilai keberhasilan Perusahaan dengan mengutamakan prinsip-prinsip etika bisnis yang dianggap paling bermanfaat. Maka dari itu, beragam motif yang mendasari terbentuknya pelaksanaan tanggung jawab social seperti motif philanthropy, ekonomi, dan mandatory ini tentu merupakan hal yang menarik untuk dikaji lebih dalam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motif yang terkandung dalam pelaksanaan CSR dengan menggunakan prinsip-prinsip etika bisnis pada PT. United Tarctors Site Loa Janan-Sanga. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kulitatif dengan berdasar pada fenomena atau temuan lapangan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa PT. United Tractors Site Loa Janan-Sanga berasas pada motif philanthropy atau kedermewanan dalam pelaksanaan CSR nya. Hal ini dapat terlihat dari beberapa program yang belum terlaksana dengan baik dan juga tidak mengarah pada tingkat kenaikan penjualan serta adanya bentuk tanggung jawab social Perusahaan karyawan Perusahaan yang justru menjadi tradisi dalam budaya Perusahaan hingga kini. Sehingga motif ekonomi dan mandatory tidak dianggap relevan dalam pelaksanaan CSR di Perusahaan ini.

Kata Kunci: Corporate Social Responsibility (CSR); Etika Bisnis; Motif.

Full Text:

Download PDF

References


Abdul, A. (2020). Teknik Analisis Data Analisis Data. Teknik Analisis Data Analisis Data, 1–15.

Andayani, S. U., & Sos, S. (2023). PERILAKU BISNIS. Pengantar Bisnis (Respons Dinamika Era Digital), 11.

Beloan, B. (2020). Mengungkap Motif di Balik Pelaksanaan Corporate Social Responsibilty Perusahaan Pada PT XYZ di Makassar. Accounting Profession Journal (ApaJi), 2(1), 47–55.

Fauzan. (2011). Corporate Social Responsibility dan Etika Bisnis (Perspektif Etika Moral Immanuel Kant). Jurnal Ekonomi Modernisasi, 7(2), 115–133. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JEKO/article/view/49

Iskandar. (2016). Pengaruh Penerapan Corporate Social Responsibility (Csr). IOSR Journal of Economics and Finance, 3(1), 1–217. https://www.bertelsmann-stiftung.de/fileadmin/files/BSt/Publikationen/GrauePublikationen/MT_Globalization_Report_2018.pdf%0Ahttp://eprints.lse.ac.uk/43447/1/India_globalisation%2C society and inequalities%28lsero%29.pdf%0Ahttps://www.quora.com/What-is-the

Nurjanah, A., & Yulianti, F. (2018). Motif Pelaksanaan Corporate Sosial Responsibility Perusahaan (Studi Kasus: CSR PT. Holcim Indonesia Tbk. Cilacap Plant dan CSR Delegation Europian Union to Malaysia). CHANNEL: Jurnal Komunikasi, 6(2), 139. https://doi.org/10.12928/channel.v6i2.11575

Tbk, U. T. (2016). Thriving Beyond.

Valor, C. (2005). CONSUMERS’RESPONSES TO CORPORATE PHILANTHROPY: ARE THEY WILLING TO MAKE TRADE-OFFS? International Journal of Business and Society, 6(1), 1.

Widiyawati, D. (2023). Analisis Peranan Penting Etika Bisnis Dalam Kelangsungan Usaha Perusahaan Bisnis. Mimbar Administrasi, 20(1), 181–193.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.5844

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics