Analisis Integrasi Marketing Mix terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Sepeda Motor Honda

Wiyarno Wiyarno, Erna Apriani, Indra Permana, Fachrial Banyu Asmoro

Abstract


Sepeda motor honda merupakan produk dari perusahaan honda yang sudah tidak digarukan lagi brand image nya, sehingga produknya sudah bisa dilihat dimana saja di Indonesia, belakangan ini terjadi terjadi masalah yang rame di masyarakat terkait rangka sepeda motor honda banyak yang keropos bahkan patah dalam umur kerdaraan yang tergolong belum lama, sehingga akan mempengaruhi loyalitas pelanggan produk sepeda motor honda. Dari permasalah tersebut maka tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh Advertising, Public Relation, Sales Promotion, dan Direct Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan. Metode analisa penelitian ini menggunakan pendekatan kausalitas deskriptif, sampel yang diambil merupakan pelanggan pengguna sepeda motor honda yang masih memakai produk honda tersebut dengan metode random sampling sebanyak 100 responden, teknik analissis data penelitian menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel advertising, sales promotion, dan direct marketing tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, hasil ini disebabkan produk sepeda motor honda sudah mempunyai nama baik dengan waktu yang lama bagi Masyarakat Indonesia, sehingga tidak terlalu mempengaruhi pada loyalitas pelanggan produk sepeda motor honda, kemudian variabel public relation berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan sepeda motor honda, sehingga metode yang cocok pada periode penelitian untuk menjaga dan meningkatkan loyalitas pelanggan dengan public relation yang baik.
Kata kunci: Loyalitas Pelanggan, Advertising, Publik Relation, Sales Promotion, Direct Marketing

References


AISI. (2023, February 20). Penjualan Sepeda Motor di tahun 2022 Semakin Membaik. Aisi.or.Id. https://www.aisi.or.id/penjualan-sepeda-motor-di-tahun-2022-semakin-membaik/

Andayani, N. R., & Zania, F. M. (2021). The Effect Of Public Relation And Customer Value Marketing On Customer Loyalty In Starbucks Coffee Batam City. Journal Of Applied Business Administration, 5(2), 163–171.

Astana, I. G. M. O., & Astri, P. A. P. (2017). PENGARUH IKLAN, PENJUALAN PRIBADI, PROMOSI PENJUALAN, HUBUNGAN MASYARAKAT DAN PEMASARAN LANGSUNG TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA DI DEALER MAHA SURYA MOTOR SERIRIT. ARTHA SATYA DHARMA, 10(1), 160–176.

Ghozali, I. (2018). SPSS Aplikasi Analisis Multivariate Statistik. Badan Penerbit Universitas Diponegoro1.

Gujarathi, D. M. (2022). Gujarati: Basic Econometrics. McGraw-hill.

Hartini, S. E., & Acai Sudirman, S. E. (2022). Manajemen Pemasaran (Era Revolusi Industri 4.0). Media Sains Indonesia.

Kartikawati, S. (2021). PENGARUH IKLAN, PROMOSI PENJUALAN, HUBUNGAN MASYARAKAT, PENJUALAN PERSONAL DAN PEMASARAN LANGSUNG TERHADAP EKUITAS MEREK INDOMARET (STUDI KASUS MASYARAKAT INDOMARET DI KOTA BOGOR). Jurnal GICI Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 13(2), 37–52.

Khan, Z. (2020). Impact Of Sales Promotion, Advertising And Direct Marketing On Sale Of Cosmetic Products. Journal Of Marketing Strategies, 2(1), 20–34.

Kingsnorth, S. (2022). Digital marketing strategy: an integrated approach to online marketing. Kogan Page Publishers.

Kurniawanti, D., & Hendrawan, B. (2017). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Pt. Indonesia Villajaya Dalam Upaya Membangun Loyalitas Pelanggan. Journal of Applied Business Administration, 1(1), 61–73.

Lasut, R., & Tumbel, A. L. (2017). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Astra International TBK-Daihatsu Cabang Malalayang Manado (Studi Kasus Pada Pembeli Produk Ayla). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(2).

Nasution, A. E., Putri, L. P., & Astuti, R. A. (2022). Pemasaran Digital Terintegrasi Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 23(2), 162–176.

Novianti, N., Endri, E., & Darlius, D. (2018). Kepuasan Pelanggan Memediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan. MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(1), 90–108.

Nurlaini, N., Suyono, J., Elisabeth, D. R., & Bonn, A. T. Bin. (2021). The Influence of Advertising, Sales Promotion, and Service Quality on Customer Loyalty of Bank Jatim Indonesia. IJEBD (International Journal of Entrepreneurship and Business Development), 4(3), 262–272.

Parinduri, T. (2019). Is customer loyalty dependent on marketing publik relation and brand image?(A case study Hillpark Sibolangit-Berastagi North Sumatra Province). Center for Open Science.

Prabowo, A. J., & Sitio, A. (2020). The Impact Of Brand Image, Sales Promotion, Service Quality Towards Customer Satisfaction And Its Implications On Customer Loyalty At X Department Store Kota Kasablanka Jakarta. Dinasti International Journal of Education Management And Social Science, 2(2), 267–278.

Rahi, S. (2016). Impact of customer value, public relations perception and brand image on customer loyalty in services sector of Pakistan. Arabian J Bus Manag Review S, 2(2).

Sudarwati, S., Kustiyah, E., & Tsani, A. F. (2017). Pengaruh Periklanan, Personal Selling, Publisitas dan Promosi Penjualan Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus di PT. Batik Semar Surakarta). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 4(3), 360–372.

Yusuf, Z., Sarboini, S., Mariati, M., Amri, S., & Rizal, S. (2021). The Effect of Advertising and Consumer Satisfaction on Consumer Loyalty to Pepsodent Products in Banda Aceh City. International Journal of Management Science and Information Technology, 1(2), 36–44.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.6044

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics