Strategi Pemilihan Tempat Belanja Masyarakat untuk Memenuhi Kebutuhan Keluarga

Rustomo Rustomo, Kaffah Imanudin, Twin Meilisa Gitasari

Abstract


Dalam pemenuhan kebutuhan keluarga harus dapat mengedepankan strategi dalam memilih tempat belanjanya. Tujuan penelitian ini mencari hubungan dan pengaruh dan mengetahui sebarapa besar warga RW 05 Kampung Baru I, Kelurahan Halim Perdana Kusuma, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, dalam pemilihan tempat belanja baik dengan metode online maupun offline atau warung sebelah. Dengan menggunakan metode kuantitatif untuk menentukan tingkat signifikan atas pemeilihan tempat belanja terhadap pemenuhan kebutuhan keluarga. Bahwa warga sebagian besar memilih belanja dengan cara online dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Keputusan untuk belanja pada warung sebelah masih belum dilirik oleh warga disekitarnya. Kehati-hatian dalam memilih barang dan tempat belanja online harus lebih cermat, mengingat barang dan tempat belum diketahui secara utuh oleh warga belanja.

References


Abu Bakar. (2020). Analisis Pengaruh Pengeluaran Konsumsi Rumah Tangga dan Pengeluaran Pemerintah terhadap Indeks Pembangunan manusia Kabupaten Mimika. Jurnal Kritis, STIE Jambatan Bulan, 4(Vol 4 No 2), 24.

Astiningrum Oktavia. (2021). Analisis Gaji, Tunjangan Dan Fasilitas Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Sekretariat Daerah Kabupaten Nganjuk. Jurnal Otonomi, Universitas Islam Kadiri, 21(Vol 21 No 1), 8. https://doi.org/https://doi.org/10.32503/otonomi.v21i1.1604

BPS Indonesia. (2022). Tingkat Komsumsi Masyarakat Indonesia. Badan Pusat Stastitik. https://www.bps.go.id/subject/5/konsumsi-dan-pengeluaran.html

Bukit, B. (2017). Manajemen Sumber Daya manusia (T. Malusa (ed.); Pertama). Zahir Publishing.

Dian Kurniawan. (2022). Kehadiran 3,6 Juta Toko Kelontong Bawa Berkah Bagi Ekonomi Indonesia.

Gusti Bintang K. (2022). Warung Online. Artikel Mediaini.com, 3.

Handayani. (2022). Pasar Modern Makin Menjadi Pilihan. Portal Berita, Universitas Pendidikan Bandung, 2.

Mashur Razak. (2016). Perilaku Konsumen (Mutmainnah (ed.); Cetakan I). Alauddin University Press.

Maualan, R., & Muhammad Musa. (2021). Factors affecting community’s interest to shopping at 212 Mart. Jurnal Er-arba, Universitas Islam As-Syafiyah, Vol 5 No 1, 15.

Maulana, S., & et.al. (2022). Perbandingan Konsumtif Ibu Rumah Tangga Terhadap Minat Berbelanja antara Pasar Tradisional dan Modern Selama Pandemi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, Vol. 14 No, 7.

Moh. Natsir. (2022). Perencanaan Keuangan Pribadi (Tirta Sagara (ed.); Literasi k). OJK Jakrata.

Muhamad Syahwildan. (2022). Pengaruh Pendapatan, Literasi Keuangan dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Manajemen Keuangan. Jurnal PELITA Manajemen, Universitas Pelita Bangsa, 1(Vol 1 No 1), 10.

Nata. (2021). Peran toko fisik di tengah digitalisasi bisnis online di Indonesia. Nataconnexindo.com, Tangerang, 2.

Nitami Yuliawati. (2019). Analisis Pengaruh Kebutuhan Ekonomi Keluarga Terhadap Pendapatan Tenaga Kerja Wanita. Jurnal Economie, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, 01(Vol 01 No 1), 18.

Nurul Qomariah. (2020). Manajemen Sumber Daya manusia (Teori, Aplikasi dan Studi Empiris) (N. Qomariah (ed.); Pertama). Pustaka Abadi.

Ramli, M., & Apriyanto, M. (2020). Manajemen Keuangan untuk Meningkatkan Perekonomian Keluarga di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Bappeda Kabupaten Indragiri, 10(Vol 10 No 10), 8.

Rd. Ajeng Adistya Medin. (2017). Pola speial pemilihan lokasi belanja kebutuhan primer penduduk Kecamatan Bogor Tengah. Jurnal Irons, Politeknik Bandung, Vol 2 No 2, 9.

Reza Phalepi. (2021). Ritel dengan Nilai Konsumen Tertinggi di Indonesia pada 2021. Kata data.ac.id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/11/10/indomaret-ritel-dengan- nilai-konsumen-tertinggi-di-indonesia-pada-2021

Singgih Santoso. (2010). Teknologi Komunikasi dan Informasi (SINGGIH Santoso (ed.); Buku Mater). Diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional Tahun 2010.

Sugiono. (2017). Metode penelitian pendidikan, pendekatan kuantitatif. intro (Sugiono (ed.)). Penerbit Alfabeta Bandung 2017.

Vaula Rhesy Modompit, J. I. S. (2020). Analisis permintaan transportasi Gojek Online di Kota Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sam Ruratulangi, Manado, 20(Vol 20 No. 03, 2020), 12.

Vika Azkiya Dihn. (2022). Berapa Rata-rata Pengeluaran Konsumsi Masyarakat Tiap Bulan? Databoks, 2.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.6172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics