Pengaruh Kapasitas Digital Marketing Terhadap Orientasi Kewirausahaan dan Kinerja Pemasaran UMKM

Adnan Hasan

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui kuisioner dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah UMKM yang berada di Kota Parepare. Pada penelitian ini, jumlah minimal sampel yang dipakai adalah 10 kali dari jumlah seluruh variable laten pada model jalur atau 10 kali dari jumlah indikator. Total sampel dalam penelitian ini adalah 121 sampel UMKM. Teknik analisis yang digunakan adalah path analysis dengan bantuan software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan pada pengaruh secara langsung (direct effect), kapabilitas digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap orientasi kewirausahaan, sedangkan Aset digital marketing tidak berpengaruh terhadap orientasi kewirausahaan. Pada pengaruh secara tidak langsung (indirect effect), kapabilitas digital marketing melalui orientasi kewirausahaan sebagai variabel intervening berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran UMKM, sedangkan aset digital marketing melalui orientasi kewirausahaan sebagai variabel intervening tidak berpengaruh terhadap kinerja pemasaran.

Kata Kunci: Kapasitas Digital Marketing; Orientasi Kewirausahaan; Kinerja Pemasaran.

Full Text:

Download PDF

References


Amir, Nur Ocvanny, Rahmad Pulung Sudibyo, and Mamlu Atul Hasanah. 2020. “Pengaruh Penggunaan Digital Marketing Terhadap Kinerja Pedagang Bunga Di Desa Sidomulyo, Kota Batu.” Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis 4(2):373–83. doi: 10.21776/ub.jepa.2020.004.02.15.

Chinakidzwa, More, and Maxwell Phiri. 2020. “Impact of Digital Marketing Capabilities on Market Performance of Small to Medium Enterprise Agro-Processors in Harare, Zimbabwe.” Business: Theory and Practice 21(2):746–57. doi: 10.3846/btp.2020.12149.

Dinas Koperasi & UMKM Provinsi Sulawesi Selatan. 2018. “Dinas Koperasi Dan UMKM Provinsi Sulawesi Selatan.” Retrieved September 9, 2022 (https://www.diskop.id/umkm-2/).

Dzulqarnain, Iskandar. 2019. “Pengaruh Fitur Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Marketplace Shopee.” Universitas Jember.

Gaby, Baiq Regina, Hasbi, Muchlis Sufri, and Alamsyah. 2021. “Analisis Dan Perbandingan Sektor Unggulan Di Kota Makassar Dan Kota Parepare Dan Perannya Dalam Menunjang Perekonomian Pada Provinsi Sulawesi Selatan.” Economos :Jurnal Ekonomi Dan Bisnis 4(3):192–202.

Ghozali, Imam, Hengky Latan. 2015. Konsep, Teknik, Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. Semarang: BP Undip.

Hair, Joe, G. Tomas M. Hult, Christian Ringle, and Marko Sarstedt. 2016. A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM), 2nd Edition.

Hair, Joseph F., G. Tomas M. Hult, Christian M. Ringle, and Marko Sarstedt. 2017. A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). 2e ed. USA: Sage.

Hakim, Abdul, Rahmat Madjid, Endro Sukotjo, and Yusuf Yusuf. 2022. “The Effect of Entrepreneurial Orientation on Digital Marketing Performance: A Case Study of Small Enterprises in Kendari City, Indonesia.” Journal of Asian Finance Economics and Business 9(3):295–302. doi: 10.13106/jafeb.2022.vol9.no3.0295.

idxchannel.com. 2021. “40 Persen Pelaku UMKM Putuskan Gulung Tikar Akibat Terdampak Pandemi.” Retrieved (https://www.idxchannel.com/economics/40-persen-pelaku-umkm-putuskan-gulung-tikar-akibat-terdampak-pandemi).

Kementerian Keuangan Republik Indonesia. 2022. “PIP Dukung Penguatan Kontribusi UMKM Terhadap Ekonomi Indonesia.” Retrieved (https://pip.kemenkeu.go.id/id/data-publikasi/berita-terbaru/123-pip-dukung-penguatan-kontribusi-umkm-terhadap-ekonomi-indonesia.html#:~:text=Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan,senilai Rp 8.573%2C89 triliun.).

Khoziyah, Siti, and Evawani Elysa Lubis. 2021. “Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Followers Online Shop Instagram @KPopConnection.” Jurnal Ilmu Komunikasi 10(1):39–50.

Kotler Dan Keller. 2018. Manajemen Pemasaran. 13th ed.

Kotler, Philip, and Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. 14th ed. New Jersey.

Kurniawan, Gogi. 2019. “Analisis Kinerja Pemasaran Produk Pt Artois Pharma.” Jurnal MEBIS (Manajemen Dan Bisnis) 4(2):108–24. doi: 10.33005/mebis.v4i2.61.

Lestari, Sri Setijasih. 2015. “Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Dan Kompetensi Aspek Pengetahuan Dan Ketrampilan Terhadap Kinerja Pemasaran Di Pengrajin Pande Besi Kabupaten Madiun.” Universitas Sebelas Maret.

Lutfi, Anugrah, and Firmansyah. 2021. “Peningkatan Kinerja Pemasaran UMKM Berdasarkan Orientasi Kewirausahaan, Pengetahuan Pemasaran Dan Keadaan Lingkungan.” 18(2):86–102. doi: 10.26487/jbmi.v18i2.13977.

Masa’deh, Ra’ed, Jawaher Al-Henzab, Ali Tarhini, and Bader Yousef Obeidat. 2018. “The Associations among Market Orientation, Technology Orientation, Entrepreneurial Orientation and Organizational Performance.” Benchmarking: An International Journal 25(8):3117–42. doi: 10.1108/BIJ-02-2017-0024.

Mustari, M., N. Arisah, I. Thaief, F. Fatmawati, and ... 2021. “Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja UMKM Di Kota Makassar.” Seminar Nasional ….

Purnamasari, Sindy, and Andreas Wijaya. 2020. “Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan Dan Kemampuan Pemasaran, Terhadap Kinerja Bisnis Umkm Clothing Line.” Business Management Journal 16(1):12. doi: 10.30813/bmj.v16i1.2052.

Rahmawati. 2016. Manajemen Pemasaran. samarinda: Mulawarman University PRESS.

Sari, Dian Cita, Wardhana Aditya, Arfah, Darwin Muhammmad, Eman Sulaiman, Rahmawan Ginanjar, Muh. Ridwan, Sri Hastutik, Hendra Poltak, and Suwandi S. Sangadji. 2021. Manajemen Pemasaran. edited by Hartini. Bandung: Media Sains Indonesia.

Sari, Lila Fitria. 2013. “Pengaruh Orientasi Pasar Dan Kreativitas Terhadap Kinerja Pemasaran Pedagang Pakaian Jadi Di Pasar Kliwon Kabupaten Kudus.” Management Analysist Journal 2(1):110–16.

Setiawan, R, Nando, R arnando pratama, Sanjaya, Vicky f. 2021. “Pengaruh Digital Marketing Terhadap Peningkatan Laba Umkm.” Jurnal Ekonomak 7(3):43–48.

Shafariah, Hanuna, Edison, and Rio Mattajang. 2016. “Hubungan Orientasi Kewirausahaan Dengan Pertumbuhan UMKM: Peran Aspek Permodalandan Pemerintah Sebagai Moderator.” Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis 1(1).

Sinarasri, Andwiani. 2013. Analisis Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Strategi Bisnis Dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan (Studi Kasus Pada Pedagang Kaki Lima Bidang Kuliner Di Semarang). edited by W. Brontowiyono, S. Winarno, and J. Sriyana. Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Islam Indonesia.

Tri, Rachmadi. 2020. The Power Of Digital Marketing.

Wardhana, Aditya. 2015. “Strategi Digital Marketing Dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMK Di Indonesia.” In Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV (April 2015):327–337.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.6194

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics