Analisis Pengaruh Electronic word of mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Unknown Cash Pada Game Online Player Unknown Battle Grounds

Afina Arifianisa, Azizah Fauziyah, Ismail Yusuf

Abstract


Menjamurnya ponsel pintar dan kemajuan teknologi lainnya telah berkontribusi pada peningkatan pesat pertumbuhan game online dalam beberapa tahun terakhir. Akibatnya, terjadi lonjakan popularitas game online seperti PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG), yang memiliki sekitar 292.027.755 pemain aktif di seluruh dunia. Banyak juga pemain yang menggunakan uang virtual yang disebut Unknown Cash (UC) di PlayerUnknown's Battle Grounds untuk mempercantik penampilan karakter mereka dengan berbagai skin untuk senjata, kendaraan, dan karakter itu sendiri. Melalui informasi elektronik dari mulut ke mulut, para gamer secara halus akan membujuk satu sama lain untuk membeli Unknown Cash agar bisa mendapatkan item skin pilihannya. Untuk mengetahui apakah informasi elektronik dari mulut ke mulut berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian item Unknown Cash di game online Player: Unknown Battle Grounds, penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tersebut. Dengan menggunakan kuesioner, penelitian ini mengumpulkan data secara deskriptif kuantitatif. Sebanyak 98 peserta dilibatkan dalam analisis. Pendekatan analisis meliputi Uji Hipotesis Linier Sederhana, Uji Kolmogorv Smirnov, dan Uji Multikolinearitas. Untuk menyelidiki lebih lanjut apakah X mempengaruhi Y, kami menggunakan koefisien determinasi dan uji t parsial. Sementara faktor-faktor lain, seperti promosi elektronik dan pilihan gaya hidup, menyumbang 42,2 persen sisanya, penelitian ini menunjukkan bahwa informasi dari mulut ke mulut secara elektronik berdampak positif terhadap keputusan pembelian.

Full Text:

Download PDF

References


Kurniawan, Faidillah . (2019) E-Sport dalam Fenomena Olahraga Saat Ini. JOPRES (Jurnal Olahraga Prestasi)

Collins, Ty J. (2017) Manual Pelatihan Keterampilan Psikologis untuk Atlet esports. Magister Pendidikan dalam Proyek Pascasarjana Studi Olahraga dan Rekreasi Gerakan Manusia

Prayogo , Devin. (2022) Eksplorasi faktor-faktor yang mempengaruhi minat pembelian gacha pada game online. Jurnal Perkembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer .

Adnan (2018). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Susu Morinaga Di Kota Lhoksemawe . Jurnal Visioner & Strategis .

Astuti , R., & Hasbi , M. (2020) Pengaruh Gaya Hidup dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Dalam Situasi Covid 19 Di Kota Medan. Seminar Ilmu Sosial Teknik & Humaniora, 127-135 .

Bolang, EH, Mananeke , L., & Lintong , DC (2021) Pengaruh Electronic Word of Mouth , Lokasi Dan Harga Tiket Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan di Desa Bukit Mekatete

Warembangan . Jurnal EMBA , 1360-1370.

Chan, A., Handoko, EE, & Auliana , L. (2021) Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Minat Beli Pada Media Sosial Twitter Di Jawa Barat Dan DKI Jakarta (Studi Pada Akun @Netflix.id) Jurnal Akuntansi , Ekonomi dan Manajemen Bisnis , 34-46.

Dafa , GS, & Sari, D., (2021) Pengaruh Electronic Word of Mouth di Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Pelanggan (Studi Kasus 372 Kopi Dago Pakar di Bandung). e-Prosiding Manajemen , 1282-1292.

Morrison, K., Cohen, L., & Manion, L (2007). Metode penelitian dalam pendidikan . Routledge

Nana, S., & Ibrahim. (2004). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Sinar Baru Algensindo .

Husein, Akhmad., Sumowo , Seno., & Rozi., Akhmad Fahrur (2018) Pengaruh Lokasi, Citra Merek Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Mie Ayam Solo Bangsal Jember.

Wijaya, I Gusti Ngurah Satria Wijaya., Pratami , Ni Wayan Cahya Ayu Pratami ., dkk. (2022) Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WOM), Persepsi Risiko, Kepercayaan Pelanggan Dan Keputusan Pembelian E-Commerce Tokopedia. E- Jurnal Manajemen .

Sulistyo , Agik Gigih (2022). Analisis Pengaruh Electronic Word of Mouth (EWOM), Gaya Hidup Dan Pengalaman Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Game Virtual Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) Online Esports Mobile Legend.

Fariz, Rafi (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Lokasi Terhadap Proses Keputusan Nasabah Dalam Pengajuan Akad Mudharabah Di Bank Syariah Mandiri .

Purwaningdyah , Sri Wiludjeng Sunu (2019). Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Kualitas Makanan terhadap Keputusan Pembelian.

Amil, Raihan (2021) Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Produk Perawatan Kulit MS Glow




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.6235

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics