Pengaruh Social E-Wom terhadap Purchase Intention dengan Brand Attitude sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris Tiktok Shop pada Produk The Originote di kota Surakarta)

Aldy Bagas Sadewa, Anton Agus Setyawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh Electronic Word of Mouth (eWOM) terhadap brand attitude dan purchase intenttion pada produk The Originote di Surakarta. Metode penelitian ini ialah kuantitatif. Populasi yang menjadi fokus penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan produk The Originote melalui platform TikTok. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari masyarakat yang tinggal di Kota Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode pengambilan sampel non-probabilitas, yaitu purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 265 responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari sumber data primer. Pengumpulan data dilakukan melalui penggunaan kuesioner atau angket. Teknik analisis data yang digunakan mencakup analisis deskriptif serta analisis Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan metode Smart Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini ialah bahwa eWOM memiliki dampak yang positif signifikan pada Brand Attitude, eWOM berdampak positif signifikan pada Purchase Intenttion, dan Brand Attitude berdampak positif signifikan pada Purchase Intenttion.

References


Adriyati, R., & Indriani, F. (2017). Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Citra Merek Dan Minat Beli Pada Produk Kosmetik Wardah. Diponegoro Journal of Management, 6, 1–14. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Alalwan, A. A. (2018). Investigating the impact of social media advertising features on customer purchase intention. International Journal of Information Management, 42(June), 65–77. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2018.06.001

Aulianda, M. (2020). Pengaruh Brand Experience Dan Brand Image Terhadap Willingness To Pay A Price Premium Dengan Brand Love Sebagai Variabel Interveng (Studi Pada Pemilik Mobil Merek Honda Hrv Di Samarinda). Jurnal Riset Entrepreneurship, 3(2), 71–79. https://doi.org/10.30587/jre.v3i2.1475

Cahyono, D. F., Kusumawati, A., & Kumadji, S. (2016). Analisis faktor-faktor Pembentuk Electronic Word of Mouth (eWOM) dan Pengaruhnya terhadap Minat Beli. Jurnal Administrasi Bisnis, 37(1), 148–157.

Dash, G., Kiefer, K., & Paul, J. (2021). Marketing-to-Millennials: Marketing 4.0, customer satisfaction and purchase intention. Journal of Business Research, 122(February 2020), 608–620. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2020.10.016

Ernawati, N. (2021). Stimulus Iklan, Positive Electronic Word of Mouth (eWOM) dan Belanja Impulsif: Dampak Mediasi Motif Hedonis Pembelanja Online. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 4(3), 346–360. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v4i3.188

Fiesta, E. L. (2018). PERAN BRAND IMAGE DALAM MEMEDIASI PENGARUH EWOM TERHADAP PURCHASE INTENTION (Studi e-wom di media sosial). http://e-journal.uajy.ac.id/16470/

Fitryani, & Aditya Surya Nanda. (2022). Implikasi Elektronik Word of Mouth Dalam Membangun Trend Pembelian Thrift Pada Ecommerce. Seminar Nasional Teknologi Dan Multidisiplin Ilmu (SEMNASTEKMU), 2(1), 171–178. https://doi.org/10.51903/semnastekmu.v2i1.167

Foroudi, P. (2019). Influence of brand signature, brand awareness, brand attitude, brand reputation on hotel industry’s brand performance. In International Journal of Hospitality Management (Vol. 76). https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2018.05.016

Herjanto, H., Adiwijaya, M., Wijaya, E., & Semuel, H. (2020). The effect of celebrity endorsement on instagram fashion purchase intention: The evidence from Indonesia. Organizations and Markets in Emerging Economies, 11(1), 203–221. https://doi.org/10.15388/omee.2020.11.31

Ilmiyah, K., & Krishernawan, I. (2020). Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Di Mojokerto. Maker: Jurnal Manajemen, 6(1), 31–42. https://doi.org/10.37403/mjm.v6i1.143

Khasanah, S. H., Ariani, N., & Argo, J. G. (2021). Analisis Citra Merek, Kepercayaan Merek, dan Kepuasan Merek terhadap Loyalitas Merek. Prosiding Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 2, 394–411.

Kristiawan, T. A., & Keni, K. (2020). Pengaruh packaging, social media marketing dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian busana brand lokal 1). DeReMa (Development of Research Management), 15(2), 244–256.

Kudeshia, C., & Kumar, A. (2017). Social eWOM: does it affect the brand attitude and purchase intention of brands? Management Research Review, 40(3), 310–330.

Kurnia, R. A. D., Masitoh, M. R., & Huddin, M. N. (2020). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Inovasi Produk Terhadap Minat Beli Konsumen (Survey Pada Followers Instragram Mcdonald’s Indonesia). Jurnal Ekonomi Vokasi, 4(1), 23–37.

Latief, F., & Ayustira, N. (2020). Pengaruh Online Costumer Review dan Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik di Sociolla. Jurnal Mirai Managemnt, 6(1), 139–154.

Leong, C. M., Loi, A. M. W., & Woon, S. (2022). The influence of social media eWOM information on purchase intention. Journal of Marketing Analytics, 10(2), 145–157. https://doi.org/10.1057/s41270-021-00132-9

Lestari, E. D., & Gunawan, C. (2021). Pengaruh E-Wom Pada Media Sosial Tiktok Terhadap Brand Image Serta Dampaknya Pada Minat Beli. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Sosial Available, 1(2), 75–82.

Megayani, & Marlina, E. (2019). The Effect of Celebrity Endorsements on Purchase Intentions Through Brand Image as an Intervening Variable (Case Study on Geprek Ayam Bensu in Rawamangun Period 2018). Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 16(01), 175–193. https://ejournal.stei.ac.id/index.php/JAM/article/view/277

Putri, S. R., Amalia, R., Manajemen, M. P., Ekonomi, F., Bisnis, D., Syiah Kuala, U., Dosen, ), Kuala, U. S., & Kunci, K. (2018). Pengaruh E-Wom Terhadap Citra Perusahaan Dan Dampaknya Terhadap Niat Beli Konsumen Pada Situs Online Shopee. Id. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 3(2), 75–84.

Qalati, S. A., Vela, E. G., Li, W., Dakhan, S. A., Hong Thuy, T. T., & Merani, S. H. (2021). Effects of perceived service quality, website quality, and reputation on purchase intention: The mediating and moderating roles of trust and perceived risk in online shopping. Cogent Business and Management, 8(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2020.1869363

Santoso, R. B. (2020). Pengaruh E-WoM, Kepercayaan Konsumen, dan Motivasi Terhadap Niat Beli Virtual Goods Pada Video Game Online di Surabaya. http://eprints.perbanas.ac.id/7618/

Sanyal, S., Hisam, M. W., & Baawain, A. M. S. (2021). The Impact of Individual And Technological Factors On Online Customer Satisfaction And Repurchase Intention: The Moderating Role of Ewom And Personality. International Journal of Economics, 29(1), 23–44.

Sekaran, & Bougie. (2017). metode penelitian bisnis. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Zhang, D., Mahmood, A., Ariza-Montes, A., Vega-Muñoz, A., Ahmad, N., Han, H., & Sial, M. S. (2021). Exploring the impact of corporate social responsibility communication through social media on banking customer e-wom and loyalty in times of crisis. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(9). https://doi.org/10.3390/ijerph18094739




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v7i1.6323

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics