Perspektif Fraud Hexagon Dalam Mendeteksi Kecurangan Akademik Mahasiswa

Nurfadilah Nurfadilah, Suci Suci, Chairulnisa Chairulnisa

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku kecurangan akademik di kalangan mahasiswa. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 384 mahasiswa di Institut Agama Islam Negeri Palopo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tekanan, kesempatan, dan kemampuan merupakan faktor yang berpengaruh signifikan terhadap kecurangan akademik, sedangkan rasionalisasi tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Implikasinya, universitas dan lembaga pendidikan tinggi harus mengimplementasikan sistem pengawasan yang lebih ketat dan efektif serta mengembangkan kurikulum yang tidak hanya fokus pada pencapaian akademis tetapi juga pada pembentukan karakter dan integritas. Edukasi tentang konsekuensi etis dan profesional dari tindakan kecurangan harus menjadi bagian integral dari kurikulum pendidikan tinggi agar mahasiswa dapat mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya integritas baik dalam dunia akademis maupun dalam karier profesional mereka di masa depan.

Kata Kunci: Akademik, Hexagon, Kecurangan.

Full Text:

Download PDF

References


ACFE. (2019). Suvei Fraud Indonesia.

Albrecht, W. S. & A. da C. O. (2011). Fraud Examination.

Andersen, Travis & MacQuarrie, B. (2017). Possible cheating uncovered in popular Harvard computer class. The Boston Globe.

Cahyaningtyas, R. I., & Achsin, M. (2016). Studi Fenomenologi kecurangan mahasiswa dalam pelaporan pertanggungjawaban dana kegiatan mahasiswa: sebuah realita dan pengakuan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya.

Clements, L. A. (2020). Plagiarism and Cheating in Response to The Pandemic. International Center for Academic Integrity. Plagiarism and Cheating in Response to The Pandemic.

Dewi, Y. P., & Wijayanti, A. (2017). Perilaku Kecurangan Akademik Pada Mahasiswa S1, S2, dan S3 Jurusan Akuntansi FEB UB Berdasarkan Konsep Diamond Fraud. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya,.

Eckstein, M. A. (2003). Combating academic fraud Towards a culture of integrity. In International Institute for Educational Planning.

Marks, J. T. (2014). Playing offense in a high-risk environment. Crowe Horwath,. Retrieved from Http://0- Search.Ebscohost.Com.Wam.City.Ac.Uk/Login.Aspx?Direct=true&db=bth&AN=44618947&site=ehostlive, 94 (8)(November), 14.

Murdock, T. B., Hale, N. M., & Weber, M. J. (2001). Predictors of Cheating among Early Adolescents: Academic and Social Motivations. Contemporary Educational Psychology, 26(1), 96–115. https://doi.org/10.1006/ceps.2000.1046

Nonis, S., & Swift, C. O. (2001). An Examination of the Relationship Between Academic Dishonesty and Workplace Dishonesty: A Multicampus Investigation. Journal of Education for Business, 77(2), 69–77. https://doi.org/10.1080/08832320109599052

Nursani, R. (2014). Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa : Dimensi Fraud Diamond. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya, 1–21.

Pavela, G. (1993). Applying the power of association on campus: A model code of academic integrity. Law and Policy, 24(1), 1–22. http://www.academicintegrity.org/icai/assets/model_code.pdf

Vousinas, G. L. (2019). Advancing theory of fraud: the S.C.O.R.E. model. Journal of Financial Crime, 26(1), 372–381. https://doi.org/10.1108/JFC-12-2017-0128

Wolfe, D. T., & Hermanson, D. R. (2004). The FWolfe, D. T. and Hermanson, D. R. (2004) ‘The Fraud Diamond : Considering the Four Elements of Fraud: Certified Public Accountant’, The CPA Journal, 74(12), pp. 38–42. doi: DOI:raud Diamond : Considering the Four ElemWolfe, D. T. and Hermanson, D. R. The CPA Journal, 74(12), 38–42.

Zaini, M. (2015). Analisis Pengaruh Fraud Diamond dan Gone Theory Terhadap Academic Fraud ( Studi Kasus Mahasiswa Akuntansi Se-Madura ). Simposium Nasional Akuntansi, 1–20.

Zamzam, I., Mahdi, S.A.,& Ansar, R. (2017). Pengaruh Diamond Fraud Dan Tingkat Religiuitas Terhadap Kecurangan Akademik (Studi Pada Mahasiswa S-1 Di Lingkungan Perguruan Tinggi Se Kota Ternate). Jurnal Ilmiah Akuntansi Peradaban, 1–24.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v7i1.6628

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics