PENGARUH MINIMARKET TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA MIKRO DI KOTA PAREPARE
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan melihat pengaruh antara variable bebas berupa keberadaan minimarket terhadap variable terikat dalam hal ini perkembangan usaha mikro di Kota Parepare. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan minimarket di kota Parepare mempengaruhi perkembangan usaha mikro di kota Parepare. Keberadaan minimarket disatu sisi memberikan pilihan tempat berbelanja baru dan nyaman bagi masyarakat namun disisi lain keberadaan minimarket dapat mengancam perkembangan usaha mikro di kota Parepare jika tidak diatur oleh Pemerintah secara tepat.
Kata Kunci : Minimarket, Usaha Mikro
Full Text:
Download PDFReferences
A.B Susanto. 2001. Manajemen Pemasaran di Indonesia. Buku II. Jakarta: Salemba Empat
Amir, M. Taufiq. 2005. Dinamika Pemasaran: Jelajahi & Rasakan. Jakarta:PT. RajaGrafindo Persada.
Abdullah, Maskur. 2005. Lilitan Masalah Usaha Mikro kecil, Menengah (UMKM) dan Kontroversi Kebijakan. Medan: Bitra Indonesia.
Anoraga, Panji. 2002. Koperasi, Kewirausahaan, dan Usaha Kecil. Jakarta: Rineka Cipta.
Asep ST. Sujana. 2005. Manajemen Ritel Moderen. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Ahimsa Putra, 2003, Ekonomi Moral, Rasional dan Politik, Esei-esei Antropologi Ekonomi, Yogyakarta Kepel press.
Djojohadikusumo, Sumitro. 1994. Perkembangan Pemikiran Ekonomi-Dasar Teori Ekonomi Pertumbuhan dan Ekonomi Pembangunan. Jakarta: Pustaka LP3ES.
Fandy Tjiptono. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.
Hendri, Ma’ruf, 2006, Pemasaran Ritel, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
https://bappeda.pareparekota.go.id/ diakses pada tanggal 16 februari 2018
Kuncoro, Mudrajad, 2008, “Strategi Pengembangan Pasar Modern dan Tradisional”, Yogyakarta
Kotler, Philip, 2000, Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium, Jilid II, EdisiKesepuluh, Penerbit Erlangga, Jakarta.
Machfoedz, Mahmud. Pengantar Pemasaran Modern. Jogjakarta:AMP YKPN, 2005.
Mangkunegara, Dr. A.A. Anwar Prabu. 2002. Perilaku Konsumen. Bandung: PT. Refika Aditama.
Malano, H., 2011, Selamatkan Pasar Tradisional: Potret Ekonomi Rakyat Kecil, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Moh. Nazir, 2005, “Metode Penelitian”, Ghalia Indonesia, Jakarta
Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2008 Tentang Pedoman Penataan Dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan Dan Toko Modern.
Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 70/M-DAG/PER/12/2013 Tentang Pedoman Penataan Dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan Dan Toko Modern
Saputro, Adi. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga, 2010.
Saladin, Djaslim, 2006, Manajemen Pemasaran, Edisi Keempat, Bandung: Linda Karya
Setiadi, Nugroho. 2003. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media.
Simamora, Bilson, 2004, Riset Pemasaran, Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama
Smeru, 2007. “Pasar Tradisional di Era Persaingan Global”. Jakarta.
Sukaesih, H. 2004. “Pasar Swalayan dan Prospeknya”. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan. 2: 63-68.
Sugiyono. 2011. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”, AFABETA, Bandung.
Situmorang, Lusia dkk. 2003. Usaha Kecil Menengah dan Pembangunan. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Sinaga Pariaman. 2004. Pasar Modern VS Pasar Tradisional. Jakarta: Kementerian Koperasi dan UKM.
Soeharno. 2006. Teori Mikro Ekonomi. Yogyakarta: Andi
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2008 tentang Usaha Mikro Kecil dan Menengah
DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v2i2.665
Refbacks
- There are currently no refbacks.