PENGARUH MINIMARKET TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA MIKRO DI KOTA PAREPARE

Muhammad Nur, Ismail Hasang

Abstract


Minimarket pada perkembangannya saat ini telah mencapai daerah-daerah pinggiran kota yang memiliki jumlah penduduk padat bahkan sampai pedesaan, jumlah minimarket yang dari tahun ketahun semakin meningkat menyebabkan persaingan yang ketat, sehingga keberadaan pedagang kecil semakin terhimpit. Kota Parepare merupakan kota Bandar madani yang kerap kali menjadi tujuan destinasi wisata masyarakat sekitar kota Parepare (Ajatappareng), dengan semakin meningkatnya jumlah wisatawan local ke kota Parepare maka hal tersebut berdampak pada semakin banyaknya minimarket yang tersebar hamper di setiap sudut kota Parepare, hal ini tentunya berpotensi untuk menghambat pertumbuhan para pedagang kecil.Minimarket yang terdapat di kota Parepare sebanyak 29 unit terdiri dari alfamart, indomart dan alfamidi yang tersebar di berbagai daerah di wilayah Kota Parepare.

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan melihat pengaruh antara variable bebas berupa keberadaan minimarket terhadap variable terikat dalam hal ini perkembangan usaha mikro di Kota Parepare. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan minimarket di kota Parepare mempengaruhi perkembangan usaha mikro di kota Parepare. Keberadaan minimarket disatu sisi memberikan pilihan tempat berbelanja baru dan nyaman bagi masyarakat namun disisi lain keberadaan minimarket dapat mengancam perkembangan usaha mikro di kota Parepare jika tidak diatur oleh Pemerintah secara tepat.

Kata Kunci : Minimarket, Usaha Mikro

Full Text:

Download PDF

References


A.B Susanto. 2001. Manajemen Pemasaran di Indonesia. Buku II. Jakarta: Salemba Empat

Amir, M. Taufiq. 2005. Dinamika Pemasaran: Jelajahi & Rasakan. Jakarta:PT. RajaGrafindo Persada.

Abdullah, Maskur. 2005. Lilitan Masalah Usaha Mikro kecil, Menengah (UMKM) dan Kontroversi Kebijakan. Medan: Bitra Indonesia.

Anoraga, Panji. 2002. Koperasi, Kewirausahaan, dan Usaha Kecil. Jakarta: Rineka Cipta.

Asep ST. Sujana. 2005. Manajemen Ritel Moderen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ahimsa Putra, 2003, Ekonomi Moral, Rasional dan Politik, Esei-esei Antropologi Ekonomi, Yogyakarta Kepel press.

Djojohadikusumo, Sumitro. 1994. Perkembangan Pemikiran Ekonomi-Dasar Teori Ekonomi Pertumbuhan dan Ekonomi Pembangunan. Jakarta: Pustaka LP3ES.

Fandy Tjiptono. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Hendri, Ma’ruf, 2006, Pemasaran Ritel, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

https://bappeda.pareparekota.go.id/ diakses pada tanggal 16 februari 2018

Kuncoro, Mudrajad, 2008, “Strategi Pengembangan Pasar Modern dan Tradisional”, Yogyakarta

Kotler, Philip, 2000, Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium, Jilid II, EdisiKesepuluh, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Machfoedz, Mahmud. Pengantar Pemasaran Modern. Jogjakarta:AMP YKPN, 2005.

Mangkunegara, Dr. A.A. Anwar Prabu. 2002. Perilaku Konsumen. Bandung: PT. Refika Aditama.

Malano, H., 2011, Selamatkan Pasar Tradisional: Potret Ekonomi Rakyat Kecil, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Moh. Nazir, 2005, “Metode Penelitian”, Ghalia Indonesia, Jakarta

Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2008 Tentang Pedoman Penataan Dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan Dan Toko Modern.

Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 70/M-DAG/PER/12/2013 Tentang Pedoman Penataan Dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan Dan Toko Modern

Saputro, Adi. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga, 2010.

Saladin, Djaslim, 2006, Manajemen Pemasaran, Edisi Keempat, Bandung: Linda Karya

Setiadi, Nugroho. 2003. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media.

Simamora, Bilson, 2004, Riset Pemasaran, Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Smeru, 2007. “Pasar Tradisional di Era Persaingan Global”. Jakarta.

Sukaesih, H. 2004. “Pasar Swalayan dan Prospeknya”. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan. 2: 63-68.

Sugiyono. 2011. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”, AFABETA, Bandung.

Situmorang, Lusia dkk. 2003. Usaha Kecil Menengah dan Pembangunan. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sinaga Pariaman. 2004. Pasar Modern VS Pasar Tradisional. Jakarta: Kementerian Koperasi dan UKM.

Soeharno. 2006. Teori Mikro Ekonomi. Yogyakarta: Andi

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2008 tentang Usaha Mikro Kecil dan Menengah




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v2i2.665

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics