Analisis Management Event Pasca Pandemi Dalam Lazada Seller Conference 2023 Oleh PT Visicita Imaji Semesta

Ghifari Aryapratama Fajar Saputra, Mentari Anugrah Imsa, Abdul Kholik, Asep Soegiarto, Anggun Nadia Fatimah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki manajemen acara pasca pandemi yang dilakukan oleh PT Visicita Imaji Semesta (Visicomm) dalam menyelenggarakan Lazada Seller Conference 2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menganalisis data dari wawancara yang dilakukan dengan tim Event Organizer PT Visicita Imaji Semesta yang terlibat dalam penyelenggaraan acara Lazada Seller Conference 2023. Data yang diperoleh dari wawancara tersebut kemudian dianalisis untuk memahami tahapan manajemen acara yang dilakukan oleh Visicomm dan strategi yang mereka terapkan dalam mengatasi tantangan pasca pandemi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Visicomm menerapkan tahapan-tahapan manajemen acara yang meliputi riset, desain, perencanaan, koordinasi, dan evaluasi. Tahapan-tahapan ini dilakukan dengan cermat dan terkoordinasi untuk memastikan kesuksesan acara Lazada Seller Conference 2023. Namun, Visicomm juga menghadapi berbagai tantangan seperti adaptasi pasca pandemi, hambatan pendanaan, komunikasi internal, hambatan eksternal, dan masalah venue. Manajemen yang terstruktur dan adaptabilitas menjadi kunci sukses dalam menghadapi tantangan industri event pasca pandemi. Penelitian ini memberikan wawasan bagi praktisi event planning dalam mengelola acara di masa depan dengan lebih efektif, menyoroti pentingnya fleksibilitas dan inovasi dalam menghadapi situasi yang dinamis.

Full Text:

Download PDF

References


Aji, A. I., & Diniati, A. (2021). Analisis pengelolaan event INNOVILLAGE Telkom University pada masa pandemi COVID – 19”. E-Proceeding of Management.

Ambarwati, I. (2023). Kemenparekraf: Industri MICE tumbuh 12-15 persen di kuartal III 2023. AntaraNews. https://www.antaranews.com/berita/3810072/kemenparekraf-industri-mice-tumbuh-12-15-persen-di-kuartal-iii-2023

Asyari, M. Z. R., & Huda, A. M. (2023). Strategi Event Management PT. DBL Indonesia Pasca Pandemi. Commercium.

Cahya Gumilang, Y., & Herawati. (2020). Jurusan Administrasi Niaga -Politeknik Negeri Jakarta, T., & Administrasi Niaga. In In Seminar Nasional Riset Terapa. Politeknik Negeri Jakarta.

Damanik, A., Ramadani, C. I., Azukma, N. A., Rizki Pratama, A., & Wardaya, M. (2022). Building Religious Moderation Based on Al-Qur’an Values in Education in Medan Tembung District. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 1(2).

Dewi Nabila, J., & Satrio Wijaksono, D. (2021). Analisis Proses Special Event Astra Daihatsu Dalam Customer Virtual Event Oleh Pt. Maha Kreasi Indonesia Astra Daihatsu Customer Virtual Event’s Special Event Strategy By Pt. Maha Kreasi Indonesia.

Dudin, M. P., Thantawi, T. R., & Melinasari, S. (2022). Sharia Management Analysis On The Pizza Hut Delivery Policy In Handling Human Resources In The Pandemic Time Of Covid-19 (Study On Pizza Hut Delivery Leuwiliang, Bogor District). Sahid Business Journal, 2(1), 91–98.

https://doi.org/doi.org/10.56406/sahidbusinessjournal.v2i01.82

Humas Kemensetneg. (2023). Pemerintah Putuskan Indonesia Masuki Masa Endemi. Kemensetneg. https://setneg.go.id/baca/index/pemerintah_putuskan_indonesia_masuki_masa_endemi

Iskandar, A., Possumah, B. T., & Aqbar, K. (2020). Peran Ekonomi dan Keuangan Sosial Islam saat Pandemi Covid-19. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(7).

Kholik, A., Aisyah, Ramadhani N., Dinda, R. A., & Mega, R. A. (2020). Special Event Management Dalam Membangun Social Identity. Jurnal Communicology, 8(2), 217–226.

Margaretha, L. (2020). Teori-teori Belajar untuk Kecerdasan Bahasa Anak Usia Dini. Early Child Research and Practice-ECRP.

Mega Ledi, C. (2022). Komunikasi Organisasi Pt Visicita Imaji Semesta Dalam Menyelenggarakan Event Webinar Literasi Digital Nasional Dki-Banten. Universitas Pertamina.

Oktavia, F. (2017). Faktor Kesuksesan Management Event Dalam Penyelenggaraan Pesta Pernikahan (Studi Kasus Pada Wedding Organizer Di Jakarta). Universitas Negeri Jakarta.

Purwanti, T. (2023). Siap-Siap! Lazada Bakal Hadirkan Seller Conference 2023. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20231027132909-33-484231/siap-siap-lazada-bakal-hadirkan-seller-conference-2023

Wicaksono, A. (2020). Industri MICE Jadi Prioritas Kemenparekraf saat New Normal. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20200603142446-92-509481/industri-mice-jadi-prioritas-kemenparekraf-saat-new-normal




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v7i2.6662

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics