Analisis Model Aisas Menggunakan Instagram Sebagai Strategi Pt Asuransi Tokio Marine Indonesia

Anisa Epri Diningrum, Ranti Rachmawanti

Abstract


Perusahaan asuransi umum mulai memperhatikan segmen ritel, salah satunya adalah PT Asuransi Tokio Marine Indonesia. Media sosial menjadi salah satu cara bagi perusahaan untuk melakukan komunikasi pemasaran secara efektif dan efisien di segmen ritel. Media sosial merupakan tempat bagi konsumen untuk mencari informasi tentang produk dan berbagi informasi produk. Hal ini sangat penting terutama untuk produk dengan karakteristik kepercayaan seperti asuransi umum. Karakteristik produk dan perkembangan internet serta penggunaan media sosial membuat perubahan dalam model perilaku konsumen dari AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) menjadi AISAS (Attention, Interest, Search, Action, Share). Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dan metode penelitian kualitatif untuk menganalisis strategi yang diterapkan oleh PT Asuransi Tokio Marine Indonesia pada Instagram menggunakan model AISAS. Hasil penelitian ini menemukan bahwa tahap Share dalam AISAS sangat penting bagi perusahaan, namun perusahaan belum menerapkan strategi apa pun pada tahap ini. Penelitian ini menyarankan agar perusahaan mengimplementasikan strategi pada tahap Share mengingat informasi tentang pengalaman konsumen untuk produk dengan karakteristik kepercayaan sangat penting untuk memengaruhi keputusan pembelian.

Kata Kunci: AISAS, Asuransi, Instagram

Full Text:

Download PDF

References


AAUI. (2019, Oktober 4). Mengejar Ketertinggalan Asuransi di Era Digital. Retrieved Mei 7, 2020, from Asosiasi Asuransi Umum Indonesia: https://aaui.or.id/mengejar-ketertinggalan-asuransi-di-era- digital/

Badan Pusat Statistik. (2018). Profil Generasi Milenial Indonesia. Jakarta: Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Anak. Retrieved Mei 7, 2020

Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2016). Digital Marketing: Strategy, Implementation and Practice.

Pearson.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design Qualitative, Quantitative ad Mixed Method Approaches (5th ed.). Los Angeles: Sage Publication, Inc.

Fannani, S. I., Najib, M., & Sarma, M. (2020). The Effect of Social Media Towards Organic Foods Literacy and Purchase Intention with AISAS Model. Jurnal Manajemen & Agribisnis, 17(3), 285-293. doi: http://dx.doi.org/10.17358/jma.17.3.285

Fennis, B. M., & Stroebe, W. (2010). The Psychology of Advertising. East Sussex: Psychology Press. [7]. Fill, C., & Turnbull, S. (2016). Marketing Communications discovery, creations and coversation (7th

ed.). London: Pearson.

Firmansyah, S.E.,M.M, D. (2020). Komunikasi Pemasaran. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media

Flashstock. (2015). Instagram Marketing Strategy E-Book. Flashstock. Retrieved Juli 30, 2020, from https://www.slideshare.net/FlashStock/instagram-marketing-strategy-ebook?qid=3fc36dbf-4bfa-4b4b-a7d c468c0661b86&v=&b=&from_search=3

Flick, U. (2018). The SAGE Handbook of Qualitative Data Collection. London: SAGE. [11].

Gunelius, S. (2010). 30-minute Social Media Marketing. McGraw-Hill.

Heggde, G., & Shainesh, G. (2018). Social Media Marketing Emerging Concepts and Applications.

Hendriyani, Jane, J., Cheng, L., Utami, N., Priskila, R., & Anggita, S. (2013). Online Consumer Behavior: Confirming the AISAS Model on Twitter. International Conference on Social and Political Sciences (ICSPS), 1-16.

Hidayat, S. (2018, Mei 15). Prospek cerah, perusahaan asuransi umum genjot segmen ritel. Retrieved 5 7, 2020, from Kontan.co.id: https://keuangan.kontan.co.id/news/prospek-cerah-perusahaan-asuransi- umum-genjot-segmen-ritel

Ismagilova, E., Dwivedi, Y. K., Slade, E., & Williams, M. D. (2017). Persuasiveness of eWOM Communications. In: Electronic Word of Mouth (eWOM) in the Marketing Context. Cham: Springer.

Italia, F., & Noor, H. F. (2017). AISAS Model Analysis towards Marketing Communication in Social Media on Online Shopping Sites: Case study of Lazada Indonesia, Mataharimall and Tokopedia. Indo-

IGCC Proceeding, 696-714. doi:10.7454/igcc.v1i2.46

Kay, S., Mulcahy, R., & Parkinson, J. (2020). When Less is More: The Impact of Macro and Micro Social Media Influencers‘ Disclosure. Journal of Marketing Management, 1-31. doi: https://doi.org/10.1080/0267257X.2020.1718740

Kemp, S. (2021, Februari 11). Digital 2021 : Indonesia. Retrieved Maret 28, 2021, from https://datareportal.com/: https://datareportal.com/reports/digital-2021-indonesia

Kemp, S. (2021, Februari 11). Digital 2021: Indonesia. Retrieved Mei 7, 2020, from Datareportal: https://datareportal.com/reports/digital-2021-indonesia

Ma, L., Zhang, X., & Xiao, Y. D. (2018). Social Media Users‘ Share Intention and Subjective Well- being : An Empirical Study Based on WeChat. Online Information Review, 42(6), 784-801. doi: https://doi.org/10.1108/OIR-02-2017-0058

Moeli, T. R., & Widiasari, N. (2015). Influence of Brand Awareness of Online Distributors toward Purchase Decision using AISAS(Case: Zalora‘s Product Promotion within Twitter). International Conference on Corporate and Marketing Communication, 45-50.

Morissan, 2010. Periklanan:Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Prenada Media Group.

Nalendra, M. A. (2020). Kajian Strategi Iklan Media Digital (Studi Kasus Iklan Coca-Cola Versi Rayakan Namamu). ejournal.ymbz.or.id, 270-285.

NataConnexindo. (2019, Oktober 23). Alasan Pertumbuhan Pengguna Instagram Lebih Bertambah Banyak Di Tahun 2019 Dibandingkan Facebook Di Indonesia. Retrieved from https://www.nataconnexindo.com/blog/alasan-pertumbuhan-pengguna-instagram-lebih-bertambah- banyak-di-tahun-2019-dibandingkan-facebook-di-indonesia

Nisaputra, R. (2020, Agustus 28). 30 Perusahaan Asuransi Raih Insurance Market Leaders Award 2020. Retrieved from https://infobanknews.com/: https://infobanknews.com/berita-keuangan- terbaru/30-perusahaan-asuransi-raih-insurance-market-leaders-award-2020/

Prasad, S., & Garg, A. (2019). Purchase Decision of Generation Y in an Online Environment. Marketing Intelligence & Planning, 37(4), 372-385. doi: https://doi.org/10.1108/MIP-02-2018-0070

Quesenberry, K. A., & College, M. (2019). Social Media Strategy : Marketing, Advertising, and Public Relations In The Consumer Revolution. ROWMAN & LITTLEFIELD.

Rahman, I. A., & Panuju, R. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Produk Fair n Pink. Wacana:Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 16(2), 214-224. doi: https://doi.org/10.32509/wacana.v16i2.26

Shim, S., Eastlick, M. A., Lotz, S., & Warrington, P. (2001). An Online Prepurchase Intentions Model: The Role of Intention to Search. Journal of Retailing, 77, 397–416.

Sugiyama, K., & Andree, T. (2011). The Dentsu Way. McGraw Hills.

Wijaya, T. N., Nugareni, E. G., Sundayana, A. A., Fadila, S., & Wirasari, I. (2023). Aisas Model Analysis on Food Business La Maison, Medan. Jurnal Syntax Admiration, 4(11), 2019-2027.

Wirawan, F. W., & Hapsari, P. D. (2016). Analisis AISAS Model Terhadap Product Placement Dalam Film Indonesia Studi Kasus: Brand Kuliner di Film Ada Apa Dengan Cinta 2. Jurnal Rekam, 12(2), 69- 81.

Xue, L. L., Shen, C. C., Morrison, A., & Kuo, L. W. (2021). Online Tourist Behavior of the Net Generation: An Empirical Analysis in Taiwan Based on the AISAS Model. Sustainability, 13, 1-19.

Yeweng, X., & Yan, M. (2017). The Present Situation and Strategy Analysis of WeChat Marketing.

Advances in Computer Science Research (ACSR),, 61, 408-412.

Zaputra, Z. l., & Iskandar, B. P. (2013). Identifiying Indonesia Consumer Buying Behavor To Design Gundam Model Kits Marketing Strategy. Journal of Business and Management, 2(1), 50-59.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v7i1.6815

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics