Analysis of Strategy Planning Using The Business Model Canvas (BMC) at CV Nur Khairunnisa in Makassar

Arafat Buyung Makatallu, Rahman Kadir, Nuraeni Kadir

Abstract


Tujuan dari temuan ialah mengkaji perencanaan strategis pada CV Nur Khairunnisa di Makassar dengan menggunakan teknik business model canvas (BMC). Pendekatan kualitatif adalah metodologi yang digunakan dalam penelitian ini. Analisis deskriptif dan analisis ketiga fase perumusan strategi membentuk analisis data. Business Model Canvas (BMC) dan analisis SWOT merupakan teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini untuk menetapkan elemen internal dan eksternal setiap blok di BMC. Alat-alat ini digunakan untuk merancang strategi. Toko retail berada pada posisi agresif yang dibuktikan dengan temuan analisis SWOT yang dilakukan terhadap CV Nur Khairunnisa. Ia berada pada posisi internal terkuat. Rencana pengembangan bisnis dilaksanakan dengan memanfaatkan teknik analisis SWOT dan business model canvas (BMC) untuk menggunakan seluruh kekuatan yang ada dan memanfaatkan kemungkinan-kemungkinan yang ada saat ini. Teknik business model canvas (BMC) digunakan untuk menyusun rencana pengembangan bisnis, dan telah diterapkan dengan cukup baik. Namun demikian, berdasarkan analisis SWOT, desain kanvas model bisnis menggabungkan sejumlah rekomendasi strategi baru untuk setiap komponen yang ada. Penciptaan sumber daya penting, penambahan struktur harga, dan undangan klien untuk menjadi dropshipper atau reseller sebagai interaksi dan saluran pelanggan yang penting untuk meningkatkan aliran pendapatan adalah beberapa teknik yang disarankan untuk komponen ini.
Kata Kunci: Analisis SWOT, Kanvas Model Bisnis (BMC)

Full Text:

Download PDF

References


Aliwinoto C., Melisa H dan Maya Malinda. 2022. Analisis Business Model Canvas Usaha Mikro Kecil Menengah Toko Jif Bandung, Indonesia. Seminar Nasional Pariwisata dan Kewirausahaan, Vol 1. DOI: https://doi.org/10.36441/snpk.vol1.2022.35

Anggraini, Novy. 2019. Analisis Usaha Mikro Dengan Pendekatan Business Model Canvas (BMC). Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 6, No.2. DOI: https://doi.org/10.35590/jeb.v6i2.1313

David. 2010. Manajemen Strategi. Edisi 12. Jakarta: Salemba Empat.

Hamel, Gary & C.K Prahalad. 2017. Competing for the Future. USA: Harvard Bussiness School Press.

Kotler dan Keller. 2014. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi Ke 13. Jakarta: Erlangga

Latief P V., Rizal Syarief dan Rokhani Hasbullah. 2019. Analisis Strategi Pengembangan Bisnis E-Commerce Pertamina Retail dengan Pendekatan Bisnis Model Kanvas. Journal Manajemen IKM Vol 14 No 1, ISSN 2085-8418; E-ISSN 2622-9250.

Muktarom, Ali. 2022. Strategi Bisnis Dengan Pendekatan Business Model Canvas (BMC) Dan Analisis Swot Pada Warung Makan Bebek Nano-Nano. Jurnal Usaha Vo; 3, No 2. DOI: https://doi.org/10.30998/juuk.v3i2.1558

Osterwalder, A dan Pigneur, Y. 2010. Business Model Generation: A Handbook for Visionaries, Game Changers dan Challangers. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Osterwalder, A dan Pigneur, Y. 2017. Business Model Generation: Pedoman bagi para Visioner, Penggerak Perubahan, dan Pendobrak. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Osterwalder, A., & Pigneur, Y. 2019. Business Model Generation: A Handbookfor Visionaries, Game Changers, and Challengers. Wiley.

Pearce II, John A dan Robinson Richard B.Jr. 2008. Manajemen Strategis. Jakarta: Salemba Empat.

Permadi, Benedictus., Rita Nurmalina dan Kirbrandoko. 2015. Analisis Pengembangan Model Bisnis Kanvas CV Kandura Keramik Bandung. Jurnal Aplikasi Manajemen Vol 14 No 1. DOI: http://dx.doi.org/10.18202/jam23026332.14.1.10

Permana, Dian Jingga. 2013. Analisis Peluang Bisnis Media Cetak Melalui Pendekatan Bisnis Model Canvas Untuk Menentukan Strategi Bisnis Baru. Factor Exacta Vol 6 No 4 DOI: http://dx.doi.org/10.30998/faktorexacta.v6i4.242

Pratini, H B dan Ito Setiawan. 2022. Perencanaan Model Bisnis Untuk Merdeka Ritel Dengan Pendekatan Business Model Canvas. Jurnal Informasi dan Telematika, Vol 13 No 2. DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v13i2.2770

Rahayu V P., Ratna F A., Mustangin dan Aisyah T S. 2022. Analisis SWOT dan Business Model Canvas (BMC) Sebagai Solusi dalam Menentukan Strategi Pengembangan Usaha Kuliner. International Journal Of Community Service Learning, Volume 6 Nomor 1. DOI: https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i1.40965

Rangkuti, F. 2015. Analisis SWOT. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Rangkuti, Freddy. 2018. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Robbins, Stephen P. and Mary Coulter. 2016. Manajemen, Jilid 1 Edisi 13, Alih Bahasa: Bob Sabran Dan Devri Bardani P. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Salusu, J. 2008. Pengambilan Keputusan Stratejik. Jakarta: Grasindo.

Sukarno, Bangkit Rambu dan Muhamad Ahsan. 2021. Implementasi Strategi Pengembangan Bisnis Dengan Business Model Canvas. Jurnal MANOVA Volume IV Nomor 2. DOI: https://doi.org/10.15642/manova.v4i2.456

Warnaningtyas, Hartini. 2020. Desain Bisnis Model Canvas (BMC) Pada Usaha Batik Kota Madiun. EKOMAKS: Jurnal Manajemen, Ilmu Ekonomi Kreatif dan Bisni, Volume 9 Nomor 2. DOI: https://doi.org/10.33319/jeko.v9i2.62

Winardi, J. 2003. Entrepreneur Dan Entrepreneurship. Jakarta: Prenada Media

Yudha M M., Iis Mariam dan Erlyn Rosalina. 2023. Analisis Strategi Pengembangan Usaha dengan Pendekatan BUSINESS MODEL CANVAS. Jurnal Ekonomi Bisnis Vol 22 No 1.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.6974

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics