Strategi Housekeeping Dalam Meningkatkan Kebersihan Kamar Terhadap Kepuasan Tamu Pada Hotel Grand Antares Medan

Rona Hotmian Gultom, Cece Cece

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi housekeeping dalam meningkatkan kebersihan kamar pada Hotel Grand Antares Medan dan kepuasan tamu terhadap kebersihan kamar. Populasi dari penelitian ini adalah 15 karyawan housekeeping dan Sampel penelitian ini yaitu 20 tamu yang sedang menginap dan pernah menginap di Hotel Grand Antares Medan. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data dapat disimpulkan bahwa strategi dan kinerja seorang housekeeping sangat berpengaruh terhadap kebersihan kamar. Adapun hasilnya adalah, karyawan housekeeping seharusnya dapat melakukan training terhadap strategi housekeeping dalam menerapkan standar operational procedure make up room dan penggunaan chemical yang baik dan tepat guna meningkatkan kebersihan kamar.
Kata Kunci: strategi housekeeping, kebersihan kamar dan kepuasan tamu

Full Text:

Download PDF

References


Dedy, A., & Alfandi, Y. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Hotel Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Sari Ater Hot Springs Resort Ciater. Jurnal Sains Manajemen, 4(1), 18–25. https://doi.org/10.51977/jsm.v4i1.678

Rahmadani, F., & Sampeliling, A. (2023). Volume 20 Issue 1 ( 2023 ) Pages 77-86 KINERJA : Jurnal C : 1907-3011 ( Print ) 2528-1127 ( Online ) Pengaruh lingkungan kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan The effect of work environment and job satisfaction on emp. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen ISSN, 20(1), 77–86.

Risiko Kesehatan Pada Hotel Mercure, M., Andhalia Liza Marie, J., Djoko Sulistiyo dan Heny Ratnaningtyas Andhalia Liza Marie, T., Djoko Sulistiyo, T., Ratnaningtyas, H., Liza Marie, A., & Ratnaningtyas Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti, H. (2021). Pengaruh Interaksi Sosial dan Kebersihan Hotel Terhadap Niat Pemesanan Hotel Pengaruh Interaksi Sosial dan Kebersihan Hotel Terhadap Niat Pemesanan Hotel Melalui Risiko Kesehatan Pada Hotel Mercure, Jakarta. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 26(2), 169–177. http://jurnalpariwisata.stptrisakti.ac.id/index.php/JIP/indexDOI:https://doi.org/10.30647/jip.v26i2

Simanjuntak, R. M., Ernita, R., Gaol, L., Purba, C. E., Audea, N., Ruth, W., Simbolon, A., Manalu, F., & Siregar, M. (2023). Upaya Menjaga Kebersihan Di Desa Pasar Melintang Guna Mencegah Nyamuk Demam Berarah Efforts to maintain cleanliness in Pasar Melintang Village to prevent directed fever mosquitoes. Jurnal Masyarakat Mengabdi Nusantara (JMMN), 2(1), 117–125. https://ejurnal.stipas.ac.id/index.php/jmmn117

Suprapto, H. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Antar Jasa Penginapan Di Kota Lamongan (Studi Pada Hotel Mahkota Lamongan). Jurnal Manajemen, 4(3), 1049. https://doi.org/10.30736/jpim.v4i3.271

Taviprawati, E., Artina Sembiring, V., & Tarigan, D. E. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan Room Attendant Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Hotel Inter-Continental Jakarta Mid Plaza. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 24(1), 1–11.

Wulanto, R. W., & Hadi, W. (2014). Peranan Housekeeping dalam Usaha Meningkatkan Kepuasan Tamu melalui Kebersihan Kamar pada Housekeeping Departemen di Sagan Huis Hotel Yogyakarta. Jurnal Khasanah Ilmu, V(1), 55–62.

Zala, P. (2018). House-keeping. How to Make Great Music Mashups, 6(2), 169–175. https://doi.org/10.4324/9781315107288-11




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v7i1.7003

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics