Strategi Pengembangan Objek Wisata Pemandian Air Panas Pariban di Kabupaten Karo, Sumatera Utara

Saniah Nurul Iman, Edi Winata

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya dan strategi pengelola dalam mengembangkan objek wisata air panas serta potensi yang belum diketahui yang terdapat pada objek wisata pemandian air panas dalam hal menarik wisatawan untuk mengunjungi objek wisata serta meningkatkan kunjungan wisatawan yang akan berdampak pada ekonomi dan pendapatan masyrakat daerah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan sumber data berasal dari wawancara pengelola, masyarakat sekitar dan wisatawan dari Objek Wisata Air Panas Pariban. Objek dari penelitian ini adalah pengelolaan Objek Wisata, pengembangan serta peningkatan Objek Wisata Air Panas Pariban. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini berupa wawancara bersama dengan pengelola Objek Wisata Air Panas Pariban terkait strategi dan upaya yang dilakukan dalam mengembangkan Objek Wisata Air Panas Pariban dalam tujuan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan adalah dengan melalukan perubahan dan perbaikan di beberapa titik dan spot yang ada menjadi lebih menarik dan tertata dengan baik, bersih dan rapi. Serta melalukan penambahan fasilitas termasuk salah satunya fasilitas pengenapan beberapa villa untuk wisatawan dapat menginap dengan nyaman yang semua itu akan berdampak pada jumlah kunjungan wisatawan melalui promosi yang dilakukan wisatawan itu sendiri.
Kata Kunci: pengembangan, pengelolaan, Air Panas Pariban

Full Text:

Download PDF

References


Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Cooper, Chris and Stephen Jackson. 1997. Destination Life Cycle: The Isle Of Man Case Study. In:Lesley France The Earthscan Reader In Sustainable Tourism. Uk: Earthscan Publication Limited

Heri, Larasati. 2011. Strategi Pengembangan Pariwisata Kabupaten Pati. Jurnal Universitas Diponegoro.

Hunger, J David dan Thomas L Wheelen. 2001. Manajemen Strategis. Yogyakarta: Andi Ofset)

Ismayanti, Ismayanti. 2010. Pengantar Pariwisata. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia

Miles, Matthew B dan Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. UI Press. Jakarta.

Pearce. 2008. Manajamen strategis (formulasi, implementasi, dan pengendalian). Jakarta: Salemba Empat

Pradikta. 2013. Strategi Pengembangan Objek Wisata Waduk Gunungrowo Indah Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Pati: Jurnal Universitas Negeri Semarang

Setianingsih, Wahyu. 2005. Pengembangan Obyek Wisata Serulingmas Sebagai Salah Satu Sumber Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Banjarnegara. Skripsi Universitas Negeri Semarang

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Gamal, Suwantoro. 1997. Dasar-Dasar Pariwisata, Yogyakarta

Spillane, James, J. 1994. Pariwisata Indonesia : Siasat Ekonomi dan Rekayasa Kebudayaan.

Kanisius. Yogyakarta.

Yoeti. 1997. Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata. PT. Pradnya Paramita. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v7i1.7005

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics