Strategi Komunikasi Lingkungan Dalam Upaya Inovasi Substitusi Aquafaba Yang Berimplikasi Pada Peningkatan Kompetensi UMKM Menuju UMKM Go Green Di Kota Medan

Ferry Hidayat, August Halomoan Siregar, Christine Angelica

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menerapkan strategi komunikasi lingkungan yang efektif guna mendorong adopsi Aquafaba sebagai substitusi bahan baku ramah lingkungan oleh pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) kuliner di Kota Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, dengan pengumpulan data melalui survei dan wawancara terhadap 42 pemilik UMKM. Hasil analisis menggunakan SmartPLS menunjukkan bahwa faktor-faktor seperti persepsi keberlanjutan, efisiensi biaya, dan daya saing memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan UMKM dalam mengadopsi Aquafaba. Penelitian ini menemukan bahwa penerapan strategi komunikasi lingkungan yang tepat dapat meningkatkan pemahaman dan adopsi Aquafaba di kalangan UMKM, serta berkontribusi pada pengurangan dampak lingkungan dari praktik bisnis mereka. Temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap upaya menuju UMKM go green di Kota Medan, serta memberikan panduan bagi kebijakan pemerintah dalam pengembangan UMKM yang berkelanjutan. Dengan demikian, penelitian ini tidak hanya bermanfaat bagi pelaku UMKM, tetapi juga bagi lingkungan dan masyarakat secara keseluruhan

References


Alsalman, F. B., & Ramaswamy, H. S. (2021). Changes in carbohydrate quality of high-pressure treated aqueous aquafaba. Food Hydrocolloids, 113(October), 106417. https://doi.org/10.1016/j.foodhyd.2020.106417

Buhl, T. F., Christensen, C. H., & Hammershøj, M. (2019). Aquafaba as an egg white substitute in food foams and emulsions: Protein composition and functional behavior. In Food Hydrocolloids (Vol. 96). Elsevier Ltd. https://doi.org/10.1016/j.foodhyd.2019.05.041

Da SILVA, A. C. V., Ramos, G. L. de P. A., Ferreira, P. S., & da SILVA, M. C. (2023). Technological prospection of aquafaba: a study of patent applications and trends in the food market. Food Science and Technology (Brazil), 43, 1–5. https://doi.org/10.1590/fst.114422

He, Y., Shim, Y. Y., Mustafa, R., Meda, V., & Reaney, M. J. T. (2019). Chickpea cultivar selection to produce aquafaba with superior emulsion properties. Foods, 8(12), 1–16. https://doi.org/10.3390/foods8120685

Herlawati, H., Andriansyah, B., Prasetya, A., Hartino, H., Firdaus, I. N., Shevani, J., Al Faiq, M. Z., & Nurfaidzi, R. (2023). Peningkatan Pengembangan Umkm Berkelanjutan Di Era Digital Dan Go Green Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Masyarakat Information Technology, 2(1), 41–50. https://doi.org/10.33557/jpm_itech.v2i1.2312

Heryanto, H. (2023). Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam Masa Pendemik di Indonesia. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 4537–4545. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2452

Hidayat, F. (2022). Peran Kewirausahaan Bagi Pertumbuhan Ekonomi. In Hartini (Ed.), Kewirausahaan (Sejarah, Peluang dan Tantangan) (pp. 73–76). Media Sains Indonesia.

Irwanti, M., & Prasetyo, T. (2020). Strategi Komunikasi Lingkungan dalam Upaya Pemberdayaan Masyarakat Mengolah Sampah Rumah Tangga. Prosiding Seminar Nasional “Pembangunan Hijau Dan Perizinan: Diplomasi, Kesiapan Perangkat Dan Pola Standarisasi,” 1(1), 157–164.

Nurani, M. (2019). Analisis Faktor-Faktor Penghambat Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Vol. 53, Issue 9).

Raikos, V., Hayes, H., & Ni, H. (2020). Aquafaba from commercially canned chickpeas as potential egg replacer for the development of vegan mayonnaise: recipe optimisation and storage stability. International Journal of Food Science and Technology, 55(5), 1935–1942. https://doi.org/10.1111/ijfs.14427

Roger, E. M. (2017). Diffusion of Innovations. In Achieving Cultural Change in Networked Libraries. https://doi.org/10.4324/9781315263434-16

Saget, S. (2021). Does circular reuse of chickpea cooking water to produce vegan mayonnaise reduce environmental impact compared with egg mayonnaise? Sustainability (Switzerland), 13(9). https://doi.org/10.3390/su13094726

Stampa, E., Schipmann-Schwarze, C., & Hamm, U. (2020). Consumer perceptions, preferences, and behavior regarding pasture-raised livestock products: A review. Food Quality and Preference, 82(January), 103872. https://doi.org/10.1016/j.foodqual.2020.103872

Szenderák, J., Fróna, D., & Rákos, M. (2022). Consumer Acceptance of Plant‐Based Meat Substitutes: A Narrative Review. Foods, 11(9). https://doi.org/10.3390/foods11091274

Tim Kebijakan Peningkatan Kapasitas Ekonomi Sekretariat TNP2K & Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia. (2021). Pemetaan Program Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan.

Torelli, R., Balluchi, F., & Lazzini, A. (2020). Greenwashing and environmental communication: Effects on stakeholders’ perceptions. Business Strategy and the Environment, 29(2), 407–421. https://doi.org/10.1002/bse.2373

Tso, R., Lim, A. J., & Forde, C. G. (2021). A critical appraisal of the evidence supporting consumer motivations for alternative proteins. Foods, 10(1), 1–28. https://doi.org/10.3390/foods10010024

Yazici, G. N. (2021). A review of egg replacement in cake production: Effects on batter and cake properties. In Trends in Food Science and Technology (Vol. 111, pp. 346–359).

https://doi.org/10.1016/j.tifs.2021.02.071

Zhahirah, A., Wibowo, S. P., Ramadhani, A., Pratama, M. R. R., & Panorama, M. (2023). Peluang dan Tantangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 30352–30356. https://iesp.ulm.ac.id/peluang-dan-tantangan-usaha-mikro-kecil-dan-menegah-di-era-digital/




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v7i2.7767

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics