Pengaruh Kualitas Layanan dan Persepsi Harga terhadap Kepuasan Serta Dampaknya terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pengguna Shopeefood)
Sari
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga terhadap Kepuasan serta dampaknya terhadap Loyalitas Pelanggan pada pengguna Shopeefood di Semarang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden, teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling dengan kriteria sampel yang ditetapkan yaitu pelanggan yang menggunakan aplikasi Shoopefood dan telah melakukan transaksi minimal dua kali dalam satu bulan. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan mempunyai pengaruh positf dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, persepsi harga mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, kepuasan pelanggan berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan, kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan
Abstract
The purpose of this study was to determine the effect of Service Quality and Price Perception on Satisfaction and their impact on Customer Loyalty to Shopeefood users in Semarang. The sample used in this study was 100 respondents, the sampling technique used in this study was purposive sampling with the specified sample criteria, namely customers who use the Shopefood application and have made transactions at least twice a month. Data was collected by distributing questionnaires.
The test results show that service quality has a positive and significant effect on customer satisfaction, price perception has a positive and significant effect on customer satisfaction, customer satisfaction has a positive but not significant effect on customer loyalty, service quality has a positive and significant effect on customer loyalty, price perception has an effect positive and significant to customer loyalty.
Keywords: Service Quality, Price Perception, Customer Satisfaction, Customer Loyalty
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ariadi Yudha Nugroho, Rizal Hari Magnadi. 2018. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Pelanggan Members Game Center Skyland Kota Semarang).
Agung Firatmadi. 2017. Pengaruh Kualitas Pelyanan dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan. Journal of Business Studies. Vol.2 No.2
Cristo, Saerang dan Worang. 2017. Pengaruh Harga. Kualitas Pelayanan. Dan Lingkungan Fisik Terhadap Kepuasan Pelanggan Studi Kasus Kafe Markobar Manado. Jurnal EMBA Vol.5 No.2 Juni 2017. Hal. 678 - 686 ISSN 2303-1174
Ghozali, I. (2016). No TitleAnalisis Multivariate dengan Program IBM SPSS.BPFE Universitas Diponegoro
Ghozali, I. (2005). No TitleAplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Grace Marleen Wariki, Lisbeth Mananeke, Hendra Tawas. 2015. Pengaruh Bauran Promosi, Persepsi Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen Pada Perumahan Tamansari Metropolitan Manado
Hermawan, B., Basalamah, S. Djamereng, A. dan Plyriadi, A.2017. Effect of Service Quality and Price Perception on Corporate Image, Customer Satisfaction and Customer Loyalty among Mobile Telecommunication Services Provider. Journal of Management and Social Sciences,8 (1): 62-73
Irawan, Handi, 2008. Membedah strategi Kepuasan pelanggan. Cetakan pertama : PTGramedia : Jakarta
Kotler, Philip. 2012. Manajemen Pemasaran. Erlangga. Jakarta
Laurene Istiyawari, Mohammad Rafli Hanif, Agus Nuswantoro. 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas. Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonom. Vol. 19, No. 3 Juli 2021, Hal 191-201
Putri Maharani Purnama. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Serta Dampaknya Pada Loyalitas Konsumen Wedding Organizer Di Kota Prabumulih. Jurnal Ilmu Manajemen. Vol. 7 No. 2
Rahmadani, F., Suardana, I. M., & Samudra, H. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk, Harga dan Lokasi terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening Pada UD. Eva Group Mataram. VALID Jurnal Ilmiah, 16(1), 123–135.
Schiffman. L & Kanuk. L. 2008. Perilaku Konsumen. edisi ketujuh. Indeks.Jakarta. Indonesia
Siti Maimunah. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Cita Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen dan Loyalitas Konsumen
Tomida, Merinda. 2016. Pengaruh Harga dan Citra Merk terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Footwear Yongki Komaladi. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Vol.5 No.7 Juli 2016
Tjiptono, Fandy dan Gregorius chandra. 2016. Service, Quality & satisfaction Yogyakarta. Andi
Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia
Tjiptono, Fandy. 2012. Perspektif Manajemen dan Pemasaran Kontemporer. Andi. Yogyakarta.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i3.2310
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional