Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Promosi Cashback Terhadap Minat Menggunakan Kembali Dompet Digital ShopeePay
Sari
Perkembangan fintech di Indonesia semakin meningkat dengan adanya e-commerce. Salah satunya adalah dompet digital ShopeePay, ShopeePay merupakan dompet digital yang dikeluarkan oleh PT Airpay International Indonesia, resmi dilisensikan oleh Bank Indonesia pada Agustus 2018 dan pada Januari 2019 resmi diluncurkan. Kemudahan serta promosi cashback yang diberikan menjadi keunggulan bagi ShopeePay yang mampu mempengaruhi minat untuk menggunakan kembali ShopeePay. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan dan promosi cashback terhadap minat untuk menggunakan kembali dompet digital ShopeePay. Metode penelitian memakai metode kuantitatif dengan teknik simple random sampling menggunakan sampel sebanyak 100 responden. pengumpulan data dilakukan secara online dengan goole form. Analisis data regresi linier dilakukan dengan menggunakan aplikasi SPSS 25. Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa persepsi kemudahan dan promosi cashback berpengaruh secara parsial maupun simultan terhadap keinginan untuk menggunakan kembali dompet digital ShopeePay.
Kata Kunci: Presepsi Kemudahan; Promosi Cashback; Minat Menggunakan Kembali; ShopeePay.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Alamsyah, N., & Saino. (2021). Pengaruh fitur produk dan promosi cashback terhadap keputusan pembelian. Akuntabel, 18(4), 624–634. https://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/AKUNTABEL/article/view/9888
Alenda, D. A., Ramilah, S., Aprilda, G. P., & Yusuf, A. (2021). Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Shopeepay. Accounting and Management Journal, 5(2), 1–8. https://doi.org/10.33086/amj.v5i2.1897
Brahanta, G. P., & Wardhani, N. I. K. (2021). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Kemudahan, Risiko Terhadap Minat Menggunakan Ulang Shopeepay Di Surabaya. Jurnal Sains Manajemen, 7(2), 89–96.
Databoks. (2022). KIC: E-Wallet Paling Sering Digunakan untuk Transaksi E-Commerce. Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/06/03/kic-e-wallet-paling-sering-digunakan-untuk-transaksi-e-commerce
Dataindonesia. (2022). 5 Dompet Digital Ini Paling Banyak Dipakai di Indonesia. Dataindonesia.Id. https://dataindonesia.id/digital/detail/5-dompet-digital-ini-paling-banyak-dipakai-di-indonesia
Devica, S. (2022). Dompet Digital: Beragam Program Promosi Dan Pengaruhnya Terhadap Pembelian Secara Impulsif. Jurnal Bisnis Terapan, 6(1), 33–42. https://doi.org/10.24123/jbt.v6i1.4756
Falah, M. N. (2021). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Kepercayaan, Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan Kembali Shopeepay Di Kota Malang Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 9(2), 1–18. https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/7272
Hasyim, U. (2022). Model Minat Penggunaan Kembali Melalui Kepuasaan Pelanggan : Promosi Cashback dan E-Service Quality (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial (JMPIS), 3(1), 385–402. https://doi.org/https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1
Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Principles of Marketing sixteenth edition. In Invasive Bladder Cancer. Pearson Education. https://doi.org/10.1007/978-1-84628-377-2_3
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Management Marketing 15 Global Edition. In Pearson Education, Inc.
Kusumaningrum, D. A., & Setiawan, D. P. (2021). Pengaruh Promo Cashback Berbagai Jenis e-Payment Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus : Chatime Indonesia). Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(2), 139–147. https://doi.org/10.32493/drb.v4i2.9396
Latief, F., & Dirwan. (2020). Pengaruh Kemudahan, Promosi, Dan Kemanfaatan Terhadap Keputusan Penggunaan Uang Digital. Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen, 3(1), 16–30. https://doi.org/10.35326/jiam.v3i1.612
Mawardani, F., & Dwijayanti, R. (2021). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Promosi Cashback Terhadap Minat Mahasiswa Dalam Menggunakan Dompet Digital Shopeepay Pada Aplikasi Shopee. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1455–1463.
Nurrohyani, R., & Sihaloho, E. D. (2020). Pengaruh Promosi Cashback pada OVO dan Go-Pay Terhadap Perilaku Konsumen Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran. Ekonomikawan: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 20(1), 1–16. https://doi.org/10.30596/ekonomikawan.v20i1.3764
Sari, R. F., Sutiana, E. P., & Sudrajat, A. (2022). Pengaruh Potongan Harga dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Menggunakan Dompet Digital Shopeepay. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 9(2), 480–485.
Wangi, L. P., & Sonja, A. (2021). Pengaruh Flash Sale Dan Cashback Terhadap Perilaku Impulse Buying Pada Pengguna Shopee. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 5(1), 79–91. https://doi.org/10.35308/jbkan.v5i1.3424
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i3.3031
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional