Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Intensitas Modal, Ukuran Perusahaan Dan Leverage Terhadap Profitabilitas

Ruby Mustika, Dianita Meirini

Sari


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pertumbuhan penjualan, intensitas modal, ukuran perusahaan dan leverage terhadap profitabilitas pada perusahaan manufaktur sub sector pertambangan yang terdaftar di bursa efek Indonesia tahun 2016-2020. Teknik pengambilan sampel adalah sampel diakses melalui website resmi BEI pada laporan keuangan tahunan perusahaan manufaktur sub sector pertambangan. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode kuantitatif. Untuk metode analisis yang digunakan analisis regresi panel. Sedangkan untuk pengolahan datanya menggunakan Eviews-9. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa (1) pertumbuhan penjualan berpengaruh postif dan signifikan terhadap Profitabilitas, (2) intensitas modal berpengaruh postif dan signifikan terhadap Profitabilitas, (3) ukuran perusahaan berpengaruh postif dan signifikan terhadap Profitabilitas, (4) leverage tidak berpengaruh postif dan signifikan terhadap Profitabilitas.

 

Kata Kunci: Pertumbuhan Penjualan, Intensitas Modal, Ukuran Perusahaan, Leverage, Profitabilitas.

 

Abstract

This study aims to examine the effect of sales growth, capital intensity, company size and leverage on profitability in mining sub-sector manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2016-2020. The sampling technique is a sample accessed through the official IDX website on the annual financial statements of mining sub-sector manufacturing companies. The research method used is quantitative method. For the analysis method used panel regression analysis. While for data processing using Eviews-9. Partial research results show that (1) sales growth has a positive and significant effect on profitability, (2) capital intensity has a positive and significant effect on profitability, (3) company size has a positive and significant effect on profitability, (4) leverage has no positive and significant effect on profitability.

 

Keywords: Sales Growth, Capital Intensity, Company Size, Leverage, Profitability

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A.A. Wela Yulia Putra, I. B. B. (2015). Pengaruh Leverage, Pertumbuhan Penjualan Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 4, No.

Asnawati, H. I. (2018). Analisis Inovasi Produk & Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran. CV.Literasi Nusantara Abadi.

Diana Aprilia, Y. T. K. (2020). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Food and Beverages. Borneo Student Research, Vol 1, No.

Felania Rinta Maharani, Anik Kusmintarti, S. (2021). Pangsa Pasar, Rasio Leverage dan Rasio Intensitas Modal Sebagai Determinan Porfitabilitas Perusahaan. Jurnal Riset Dan Aplikasi: Akuntansi Dan Manajemen, 5 (2).

Gary Amstrong, P. K. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Prenhalindo.

Hery. (2015). Analisis laporan keuangan. CAPS (Center for Academic Publishing Service).

I Ketut Alit Sukadana, N. T. (2018). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan, Dan Leverage Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Food And Beverage Bei. E-Jurnal Manajemen Unud, 7 No.11.

Kasir. (2021). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Intensitas Modal Terhadap Return On Asset Pada Sektor Pertambangan Batu Bara Di BEI Tahun 2012-2019. Jurnal Indonesia Membangun, 20, No.1.

Kasmir. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). PT Raja Grafindo Persada.

Kasmir. (2019). Pengantar Manajemen Keuangan. Prenamedia Group.

Khasanah, U. A. (2021). Pengaruh Leverage, Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas Perusahaan Plastik Dan Kemasan. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 10, No.4.

Kontan.co.id. (2021). Jakarta Islamic Index (JII) turun 10,14% ytd, kenapa? https://investasi.kontan.co.id/news/jakarta-islamic-index-jii-turun-1014-ytd-kenapa

Miswanto, Yanuar Rifqi Abdullah, S. S. (2017). Pengaruh Efisiensi Modal Kerja, Pertumbuhan Penjualan Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas Perusahaan. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi (JBE), 24, No.2.

Munawir. (2007). Analisis Laporan Keuangan. YPKN.

Munawir, S. (2010). Analisa Laporan Keuangan. Edisi keempat, cetakan keempat belas. Liberty.

Nafarin, M. (2007). Penganggaran Perusahaan. Salemba Empat.

Niluh Nugrahaning Widhi, I. N. S. (2021). Pengaruh Leverage dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Subsektor Tekstil dan Garmen. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Humanika, 11, No.2.

Purwanti, E. (2010). Pengaruh Pangsa Pasar, Rasio Leverage, Intensitas Modal Terhadap Profitabilitas Koperasi Simpan Pinjam Di Salatiga. Among Makarti, 3, No.5.

Riyanto, B. (2011). Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yayasan Penerbit Gajah Mada.

S.S Shalit, S. (1977). The Measurement of Firm Size. The Review of Economics and Statistics. 59(3).

Sartono, A. (2008). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi Edisi empat. BPFE.

Sartono, A. (2010). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. BPFE.

Sinarwati, N. K. (2013). Akuntansi Keuangan 1 Edisi 1. Universitas Pendidikan Ganesha.

Swastha, B. dan T. H. H. (2001). Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen Edisi 2,. Liberty.

Utomo, M. N. (2014). Ramah Lingkungan dan Nilai Perusahaan. CV.Jakad Publishing.

Zulkarnaen, Z. (2018). Pengaruh Debt To Assets Ratio Terhadap Return On Asset Pada Perusahaan Asuransi Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2010-2015. Jurnal Warta Edisi:56..




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i3.3178

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter