Pengaruh Penerapan Manajemen Risiko Bisnis Pada UMKM Nj Thai Boba

Sri Cici Afrida Cahyati, Kristina Thai, Lisa Carline, Hotni Mutiara, Elvina Syahara

Sari


Abstrak

Dalam suatu perusahaan tentunya terdapat berbagai masalah yang dapat mempengaruhi naik dan turunnya suatu bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh manajemen resiko pada UMKM Nj Thai Boba. Berdasarkan analisis yang dilakukan oleh penulis, ditemukan resiko-resiko berbisnis yang dihadapi oleh UMKM Nj Thai Boba. Dapat berupa lokasi yang sulit ditemukan pelanggan, tempat parker yang kurang memadai, realisasi dari perencaan tidak sesuai dengan harapan, dan tren minuman boba tidak bertahan lama. Namun tidak hanya itu, banyak faktor-faktor lain yang menjadi resiko UMKM Nj Thai Boba. Manajemen risiko tidak hanya menjadi tanggung jawab UMKM, tetapi juga tanggung jawab manajemen risiko perusahaan. Manfaat penelitian ini bagi pembaca yaitu untuk dapat menganalisis suatu UMKM mengenai resiko manajemen. Metodologi yang digunakan adalah metodologi Observasi menggunakan Bussines model development dan menggunakan Analisa Risk Of Matrix. Untuk menentukan hasil Analisa bussines model tersebut termasuk category risk di bagian yang mana: Risiko 1 Risiko yang sering muncul dan memberikan dampak yang besar, Risiko 2 Risiko yang jarang muncul namun memberi dampak cukup besar, Risiko 3 Risiko yang sangat jarang muncul namun memberikan dampak yang besar, Risiko 4 Risiko yang jarang mucul dan sangat berdampak besar, Risiko 5 Risiko jarang muncul dan jarang berdampak.

 

Kata Kunci: Manajemen Risiko, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Risiko Strategis, Risiko Taktis, Risiko Operational, Risiko Kepatuhan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustin, M., & Astono, A. D. (2022). Analisis Brand Awareness dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Street Boba ( Studi Kasus di DKI Jakarta ). 8(4), 4187–4198.

Fabiana Meijon Fadul. (2019). 済無No Title No Title No Title. 16–72.

Fauzi, A., Wibowo, A., Selayan, A. N., & Nst, S. J. (2022). VISA: Journal of Visions and Ideas Analisis Manajemen Resiko Bisnis: Studi Pada Produk Usaha Yozi Boba. Journal of Visions and Ideas, 2(2), 2.

Nurofik, A., Rahajeng, E., Munti, N. Y. S., Hardiansyah, A., Firmansyah, H., Sani, A., ... & Wiyono, A. S. (2021). PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI. Penerbit Insania.

Sani, A. (2017). Sistem Manajemen Otomasi Perpustakaan Berbasis Open Source Senayan Library Management System (SLiMS)(Studi Kasus Perpustakaan H. Bata Ilyas STIE AMKOP Makassar). SEIKO: Journal of Management & Business, 1(1), 47-65.

SYARIFUDDIN, S., ILYAS, J. B., & SANI, A. (2021). PENGARUH PERSEPSI PENDIDIKAN & PELATIHAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA KANTOR DINAS DIKOTA MAKASSAR. Bata Ilyas Educational Management Review, 1(2).

Boediman, S. F., Hendriarto, P., Satmoko, N. D., Sulistiyani, S., & Sani, A. (2021). The Relevance of Using Social Media Applications Strategies to Increase Marketing Potential of Indonesian Maritime Tourism (Analytical Study of Tourism Journals and Online Marketing). Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(4), 8791-8799.

Majid, A., & Sani, A. (2016). Pengaruh Pelatihan dan Supervisi Kepala Ruangan terhadap Kinerja Perawat Pelaksana Diruang Rawat Inap Bedah Rumah Sakit TK. II Pelamonia Makassar. Jurnal Mirai Management, 1(2), 310-412.

Sani, A., & Hafidah, A. (2020). Pengaruh Shopping Life Style Dan Fashion Involvment Teradap Impulse Buying Behevior Masyarakat High Income Makassar. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 20(3), 231-238.

Irsan, I., & Sani, A. (2018). Praktik Manajemen Pengetahuan Pustakawan Dalam Mengembangkan Koleksi Lokal Makassar Di Dinas Perpustakaan Kota Makassar. Jurnal Mirai Management, 3(1), 121-135.

Munir, M., Fachmi, M., & Sani, A. (2020). Pengaruh Disiplin Dan Komunikasi Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Mirai Management, 5(3), 161-170.

Syarifuddin, U., Ilyas, G. B., Misbahuddin, M., Mustafa, H., & Sani, A. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Kerajinan Anyaman Rotan dan Bambu melalui Pemasaran Online di Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep. Bata Ilyas Educational Management Review, 2(2), 1-24.

Boediman, S. F., Hendriarto, P., Satmoko, N. D., Sulistiyani, S., & Amar Sani, A. S. (2021). Relevance of social media applications as a marketing strategy for Indonesian tourism destinations (literature analysis study). Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(3), 5705-5712.

Makkira, M., Syakir, M., Kurniawan, S., Sani, A., & Ngandoh, A. M. (2022). Pengaruh Stres Kerja, Komunikasi Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Prestasi Kerja Karyawan pada PT. Prima Karya Manunggal Kabupaten Pangkep. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 2(1), 20-27.

Asriani, A., Putri, N., Kurniawan, S., & Sani, A. (2022). Pengaruh Personal Selling terhadap Peningkatan Penjualan Alat Tulis pada CV. Etalase Mitra Jaya di Wajo pada Masa Lockdown Pandemi Covid 19. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 2(1), 13-19.

Setiawan, G. (2019). BAB II Tinjauan Pustaka BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.1. 1–64. Gastronomía Ecuatoriana y Turismo Local., 1(69), 5–24.

Susetyo, A., & Prasetyo, A. (2020). Pelatihan Manajemen Resiko Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Era Pandemi Covid-19. JCSE: Journal of Community …, 1(1), 81–87. http://journal.stieputrabangsa.ac.id/index.php/jcse/article/view/681




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i3.3253

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter