Penerapan Strategi Bisnis di Masa Pandemi Covid-19
Sari
Abstrak
Persaingan antar usaha menjadi ketat pada era globalisasi yang harus direspon oleh pelaku usaha atau bisnis dengan menjalankan langkah strategis untuk keberlangsungannya sebuah bisnis. Dengan adanya covid-19 ini para wirausahawan harus memutar otak untuk dapat bertahan ditengah kondisi yang tidak menentu ini dan berfikir ekstra agar tidak mengalami kerugian atau sampai harus menutup usahanya. Dalam penerapan strategi bisnis di LP PPTQ Safinda juga mengalami dampak dari Covid-19 yaitu banyak dari kelas yang memutuskan untuk berhenti melakukan aktifitas belajar mengajar sehingga banyak mengalami penurunan jumlah kelas atau kelompok. Maka dari itu perlu adaanya strategi pemasaran yang effektif dan effisien agar dapat mengetahui keberhasilan suatu usaha. Metode penelitian yang dipakai ialah metode kualitatif. Melalui pendekatan deskriptif analitis dan eksploratif. Pengambilan data dilaksanakan dengan cara Wawancara tidak terstruktur tentang narasumber. Selanjutnya tentang metode analisis data, kami menggunakan deskripsi kualitatif berupa akuisisi, reduksi dan tampilan data serta kesimpulan sebagai penelitian ini menjelaskan dan menjelaskan Hal-hal yang obyektif mengenai implementasi strategi bisnis ke depan Pandemi covid-19. Hasil penelitian menunjukkan Dengan memanfaatkan internet, teknologi dan media sosial untuk alat pemasaran yang didukung oleh peningkatan kualitas pengajar dan pengembangan materi pembelajaran serta servis yang baik merupakan perpaduan strategi bisnis yang tepat untuk diaplikasikan di era pandemi covid-19, selain untuk mempertahankan usaha tersebut juga dapat membangun jaringan calon jamaah yang baru sehingga dapat meningkatkan jumlah kelas atau kelompok
Kata Kunci: Pandemi Covid-19, Strategi Bisnis
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Mudrajad, Kuncoro. 2005. Strateggi Bagaimana Meraih Keunggulan Kompeitif. Erlangga. Jakarta.
Steinford, 1979. Strategi Bisnis. https://www.academia.edu/14867152/Lingkungan_Bisnis (diakses tanggal 24 Mei 2022)
Husen, Tamitha. 2021. Penerapan Strategi Bisnis di Masa Pandemi Covid-19 (Studi pada UMKM Wizz Kitchen Aceh Barat). www.sister.utu.ac.id/jbkan/article/view/4376 (diakses tanggal 20 Oktober 2022)
Rosmandi, Maskarto. 2021. Penerapan Strategi Bisnis di Masa Pandemi Covid-19 https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-EKONOMIKA/article/download/1064/854 (diakses tanggal 24 Oktober 2022)
Nasih, M., et.al. 2020. Influencer Dan Strategi Penjualan : Studi Netnografi Pada Pengguna Jasa Selebgram Sebagai Media Promosi. BENEFIT Jurnal Manajemen dan Bisnis. Vol. 5 No. 2. Pp: 135-144.
Rusdiono. (2019). Peran Media Sosial Sebagai Upaya Pemasaran Bisnis Online Shop Pada Online Shop Antler MakeUp @antler.makeup. Widya Cipta : Jurnal Sekretari dan Manajemen, 3(2), 195-202.
Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i3.3335
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional