Proses Pemasaran Jasa Pendidikan dan Perilaku Konsumen
Sari
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pemasaran jasa pendidikan dan perilaku konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa proses pemasaran jasa pendidikan merupakan seluruh kegiatan manajemen pemasaran jasa pendidikan mulai dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan hingga pengawasan. Pemasaran jasa pendidikan oleh sekolah dapat dilakukan dengan mempromosikan produk unggulan dan mengenalkan lembaganya kepada pelanggan sesuai dengan keinginan pelanggan melalui proses penawaran, berkesinambungan. Tujuan pemasaran untuk memberikan keyakinan kepada pelanggan atas kepercayaan terhadap lembaga pendidikannya, sehingga dengan cara itu maka akan menciptakan loyalitas pelanggan kepada lembaga pendidikan.
Kata Kunci: Pemasaran, Jasa Pendidikan, Perilaku Konsumen.
Abstract
This study aims to analyze the process of marketing educational services and consumer behavior. The research method used is library research. This study concludes that the process of marketing educational services is all marketing management activities of educational services starting from planning, organizing, actuating to supervising. Marketing of educational services by schools can be carried out by promoting superior products and introducing their institutions to customers according to the wishes of customers through a continuous bidding process. The purpose of marketing is to give confidence to customers about their trust in their educational institutions, so that in this way it will create customer loyalty to educational institutions.
Keywords: Marketing, Education Services, Consumer Behavior.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Azwar, S. (1998). Metode penelitian kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bilson, S. (2008). Panduan Riset Perilaku Konsumen. Gramedia Pustaka Utama.
Faizin, I. (2017). Strategi pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan nilai jual madrasah. Madaniyah, 7(2), 261–283.
Irianto, Y. B. (2011). Modul Pemasaran Pendidikan. Universitas Pendidikan Indonesia.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran. Edisi.
Muhaimin, Sutiah, & Prabowo, S. L. (2011). Manajemen Pendidikan: Aplikasinya dalam Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah. Kencana Prenada Media Grup.
Rohmitriasih, & Soetopo. (2015). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan dalam meningkatkan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 24(5).
Sarifudin, S., & Maya, R. (2019). Implementasi Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan di Madrasah Aliyah Terpadu (MAT) Darul Fallah Bogor. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(02), 133–151.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.
Wibowo. (2006). Manajemen Perubahan. Raja Grafindo Persada.
Wijaya, D. (2012). Pemasaran Jasa Pendidikan. Salemba Empat.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i3.3387
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional