Analisis Pengaruh Digital Divide terhadap Penggunaan Mobile Banking di DKI Jakarta

Dina Hanifah, Refi Rifaldi Windya Giri

Sari


Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sangat berdampak pada lingkungan bisnis khususnya pada industri keuangan pada perbankan. Indutrsi perbankan salah satu yang memanfaatkan perkembangan teknologi tersebut dengan memberikan layanan dan fasilitas yang diberikan untuk nasabah. Berdasarkan dari fenomena Gap atau kesenjangan di Indonesia yang memperlihatkan bahwa setiap individu yang mengakses internet kurang dari total pengguna smartphone di Indonesia, serta kecilnya angka dalam mengakses konten mobile banking. Pemilihan subjek pada penelitian ini yaitu di DKI Jakarta yang merupakan ibu kota Indonesia yang memiliki tingkat per kapita tertinggi dan didukung dengan keadaan infrastruktur serta kemudahan layanan akses internet yang sangat memadai, tetapi memiliki angka tamatan sekolah yang rendah dengan literasi digital yang rendah. Penelitian ini berusaha untuk memprediksi apakah pada kota tersebut masih terdapat kesenjangan digital khususnya pada penggunaan mobile banking. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis SEM-PLS pada model struktural untuk melihat hubungan antar variable laten dengan total sampel sebanyak 305 responden yang merupakan pengguna mobile banking, penelitian ini menggunakan software WarpPLS 7.0 untuk membantu dalam menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 4 variabel tahapan dalam penggunaan teknologi mobile banking mulai dari motivation, physics and material access, mobile banking skill dan usage saling berpengaruh positif dan signifikan pada penggunaan mobile banking di DKI Jakarta. Mobile banking skill sebagai prediktor paling kuat pengaruhnya pada usage dalam penggunaan mobile banking

 

Kata Kunci : Mobile Banking, Digital Divide, Usage, WarpPLS7.0


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah M. Baabdullaha, d. (2018). Consumer use of mobile banking (M- Banking) in Saudi Arabia Towards anintegrated model . Elsevier.

Adhi Bawono, d. (2018). PENGARUH PERILAKU KONSUMEN, BRAND IMAGE DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE PADA SITUS BELANJA ONLINE (Studi Kasus pada Situs Belanja Online XYZ) . Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan .

Adiyanti, A. I. (2015). Pengaruh Pendapatan, Manfaat, Kemudahan Penggunaan, Daya Tarik Promosi, dan Kepercayaan terhadap Minat menggunakan layanan E-Money. Jurnal Ilmu Ekonomi.

Alexander J.A.M. Van Deursen, E. J. (2016). Development and validation of the Internet Skills Scale (ISS). Information Communication & Society.

Dijk, A. J. (2013). The Digital Divide Shifts To Differences In Usage. Sage. DIJK, J. A. (2012). The Evolution of the Digital Divide The Digital Divide turns to

Inequality of Skills and Usage. Digital Enlightenment Yearbook 2012.

Dijk, J. V. (2020). The Digital Divide. United Kingdom: Polity Press.

Dr. Wily Abdillah, M. &. (2015). Partial Least Square dalam Penelitian Bisnis. Yogyakarta: ANDI.

Fathurrahmani. (2021). Pentingnya Memiliki Digital Skills di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal WIDYA , Vol 1 | No 2 .

Hadi, S. &. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Layanan Mobile Banking. Jurnal Ekonomi & Pembangunan., Vol.5, No.1.

Kominfo, K. (2021). Indeks Literasi Digital Indonesia. Diambil kembali dari Survei Indeks Literasi Digital Indonesia: https://survei.literasidigital.id/dashboard- literasi-digital

Kotler, P. &. (2008). Manajemen Pemasaran. Edisi Ketigabelas. Jakarta: Erlangga. Kotler, P. a. (2016). Marketing Management 15th edition. New Jersey: Pearson. Pretice Hall, Inc.

Kotler, P. d. (2017). Principles of Marketing. Dalam Pearson. United Kingdom.

Kuisma T, L. T. (2007). Mapping the reasons for resistance to internet banking: a means-end approach. Int J Inform Manage.

Paul, G. D. (2021). CB-SEM vs PLS-SEM methods for research in social sciences and technology forecasting. Elsevier.

Priansa, D. (2017). Manajemen Pelayanan Prima. Bandung: Alfabeta.

Prof. Mahfud Sholihin, P. &. (2020). Analisis SEM-PLS dengan Warp PLS 7.0 , Edisi 2. Yogyakarta: ANDI.

Prof.H.Imam Ghozali, M. (2014). Structural Equation Modeling Edisi 4. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Sharma, S. K. (2019). Examining the role of trust and quality dimensions in the actual usage of mobile banking services. International Journal of Information Management, Vol. 44, pp. 65-75.

Sugiyomo, P. D. (2022). Metode Penlelitian Kuantitatif, cetakan ke 3. Bandung: ALFABETA.

Sujarweni, V. W. (2019). Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v6i1.3724

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter