Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Gaya Hidup Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Handphone Merek Vivo Di Rantauprapat
Sari
Dalam lanskap teknologi yang terus berkembang, ponsel pintar telah menjadi elemen penting dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk komunikasi, hiburan, maupun produktivitas. Studi ini berfokus pada faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen terhadap ponsel Vivo di Rantauprapat, Sumatera Utara, Indonesia. Faktor-faktor yang dianalisis meliputi harga, kualitas produk, gaya hidup, dan promosi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sampel 100 responden yang dipilih dengan kriteria yaitu pernah membeli handphone merek vivo di Rantauprapat, dan data dikumpulkan melalui survei kuesioner. Hasil penelitian ini menemukan bahwa harga (X1) tetap menjadi faktor utama yang mempengaruhi keputusan pembelian. Kualitas produk (X2) juga berperan penting, di mana konsumen mencari ponsel dengan performa yang baik dan daya tahan tinggi. Gaya hidup (X3) memengaruhi secara siginifikan keputusan pembelian. Selain itu, Promosi (X4) yang efektif dapa mempengaruhi keputusan pembelian. Melalui analisis ini, penelitian ini memberikan wawasan bagi Vivo untuk menyesuaikan strategi pemasarannya guna memenuhi kebutuhan dan preferensi pasar lokal, serta memperkuat posisinya di pasar yang kompetitif.
Kata Kunci: Harga, Kualitas Produk, Gaya Hidup, Promosi, Keputusan Pembelian.
Abstract
In the ever-evolving technological landscape, smartphones have become an essential element in everyday life, both for communication, entertainment, and productivity. This study focuses on the factors that influence consumer purchasing decisions for Vivo mobile phones in Rantauprapat, North Sumatra, Indonesia. The factors analyzed include price, product quality, lifestyle, and promotion. This study uses a quantitative method with a sample of 100 respondents selected with the criteria of having purchased a Vivo brand mobile phone in Rantauprapat, and data was collected through a questionnaire survey. The results of this study found that price (X1) remains the main factor influencing purchasing decisions. Product quality (X2) also plays an important role, where consumers look for mobile phones with good performance and high durability. Lifestyle (X3) significantly influences purchasing decisions. In addition, effective promotion (X4) can influence purchasing decisions. Through this analysis, this study provides insight for Vivo to adjust its marketing strategy to meet the needs and preferences of the local market, and strengthen its position in a competitive market.
Keywords: Price, Product Quality, Lifestyle, Promotion, Purchasing Decision.
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Ghozali, I. (2011). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM. Spss.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII (Edisi 8). : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hartawan, E., Liu, D., Handoko, M. R., Evan, G., & Widjojo, H. (2021). Pengaruh Iklan Di Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Masyarakat Pada E-Commerce. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(1), 217–228. https://doi.org/10.35794/jmbi.v8i1.33853
Maalik, R. Z., & Sirai, G. M. (2021). Loyalitas Konsumen Pada Brand di Masa Pandemi Covid-19. Transaksi, 13(2), 1–12.
Purbohastuti, A. W. (2021). Efektivitas Bauran Pemasaran Pada Kebutuhan Pembekian Konsumen Indomaret. Jurnal Sains Manajemen, 7(1), 1–17.
sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif . In 2017 .
Sugiyono. (2018). Metodologi Penelitian Dilengkapi Dengan Metode R&D. Deepublish.
Sugiyono, D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.
Sujarweni, V. W. (2018). Metodologi penelitian bisnis dan ekonomi pendekatan kuantitatif. Yogyakarta: Pustakabarupress.
Sutrisno, N., & Haryani, A. D. (2017). Influence of Brand and Product Quality on Customer’S Buying Decision in South Cikarang Bekasi Regency. Jurnal Lentera Bisnis, 6(1), 85. https://doi.org/10.34127/jrlab.v6i1.169
Wati, N. M. I. (2020). PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PEGAWAI (STUDI KASUS PT PELABUHAN INDONESIA I (PERSERO) MEDAN). 4(1), 1–9.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i3.7285
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional