Rencana Bisnis Pengembangan Usaha Startup Produk Kemasan Ramah Lingkungan (Eco Friendly)

Ayu, Meidah, Fricillia Fransisca, Aiska Mazaya, Fitrah Rhamadan, Jessie Veronika, Tiara Fitria

Sari


Tingkat kesadaran masyarakat terhadap isu lingkungan semakin meningkat, sehingga kebutuhan akan kemasan ramah lingkungan menjadi semakin mendesak. Rencana bisnis ini bertujuan untuk mengembangkan usaha yang menyediakan solusi kemasan berkelanjutan dengan menggunakan bahan-bahan yang dapat terurai secara alami dan ramah lingkungan. 

Melalui analisis pasar, identifikasi kebutuhan konsumen, serta studi terhadap kompetitor, usaha ini akan menawarkan berbagai produk kemasan yang inovatif dan fungsional. Strategi pemasaran yang efektif serta kolaborasi dengan pelaku industri akan diimplementasikan guna meningkatkan visibilitas dan daya tarik produk. Selain itu, edukasi masyarakat mengenai pentingnya penggunaan kemasan ramah lingkungan akan menjadi bagian integral dari strategi bisnis ini.  Harapan ke depan, usaha ini tidak hanya memberikan manfaat ekonomi, tetapi juga berkontribusi terhadap pelestarian lingkungan serta mendukung gerakan keberlanjutan.

 

Kata Kunci: Rencana Bisnis Pengembangan, Startup, Kemasan Ramah Lingkungan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amaral, M. A. L., Manehat, B. Y., Tukan, G. D., Boelan, E. G., An, C. M., Gani, E. A. M., Setiawan, A., Gokok, G. A. P. R., Bria, K., & Boikh, A. O. M. M. (2024). Pemberdayaan RT 041 Liliba dalam Pengelolaan Sampah Berkelanjutan dan Pemasaran Produk Ramah Lingkungan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 6(1), 2585–2593.

Ayuningtyas, W. D., Fitriyani, D., Nurfajri, I., & Purwanto, E. (2025). Peran Media Sosial Dalam Meningkatkan Kesadaran Lingkungan Di Kalangan Milenial. Pubmedia Social Sciences and Humanities, 2(3).

BPS Babel. (2020). Peningkatan Jumlah Penduduk. https://babel.bps.go.id/id/publication/2024/02/28/7b80421df62e24a5f2b66c73/provinsi-kepulauan-bangka-belitung-dalam-angka-2024.html

Budianto, E. W. H., & Dewi, N. D. T. (2023). Pemetaan penelitian rasio Economic Value Added (EVA) pada perbankan syariah dan konvensional: Studi bibliometrik VOSviewer dan literature review.

Darman, F., Ciptosari, F., & Wadhi, Y. P. H. (2024). Analisis customer journey pengguna Noabike: Strategi pemasaran digital dan transportasi berkelanjutan di Labuan Bajo. Jurnal Manajemen Pemasaran, 18(2), 107–114.

Data Bridge. (2023). Global Eco-Friendly Packaging Market – Industry Trends and Forecast to 2030. https://www.databridgemarketresearch.com/reports/global-eco-friendly-packaging-market

DINAS PUPRPRKP. (2023). Dokumen Penyusunan Rencana Kebijakan Strategi dan Teknis (Sistem Pengolahan Persampahan TPA/TPST/SPA Kewenangan Provinsi).

Iksyanti, D. Z., & Hidayat, A. M. (2022). Pengaruh Social Media Marketing melalui Electronic Word Of Mouth pada Platform Tiktok terhadap Keputusan Pembelian di Shopee. YUME: Journal of Management, 5(2), 11–18.

Kurniawan, D. D., & Soliha, E. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan pada My Kopi O Semarang. YUME: Journal of Management, 5(1), 348–358.

Nainggolan, H., Nuraini, R., Sepriano, S., Aryasa, I. W. T., Meilin, A., Adhicandra, I., Putri, E., Andiyan, A., & Prayitno, H. (2023). GREEN TECHNOLOGY INNOVATION: Transformasi Teknologi Ramah Lingkungan berbagai Sektor. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Nawang, D., & Astuti, D. (2025). Integrasi Aspek Lingkungan dan Ekonomi dalam Evaluasi Kelayakan Penggunaan Green Packaging dalam Masyarakat. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Digital, 2(3), 1483–1488.

Suryani, N. I., & Batu, R. L. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Ekuitas Merek dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Iphone di Kota Bogor. YUME: Journal of Management, 4(2).

Wuryandari, N. E. R., Anjarwati, S., Purwanto, S., Sugeng, M., Perkasa, D. H., & Melly, M. (2023). Pembinaan UMKM berbasis Kemitraan: Solusi untuk meningkatkan daya saing dan produktivitas. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 387–396.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8165

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter