Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Lokasi, Dan Keberagaman Produk Terhadap Penentu Minat Beli Konsumen Studi Kasus Pasar Aek Kota Batu Labuhanbatu Utara

Inung Nurhayana, Hayanuddin Safri, Hayanuddin Safri, Anita Sri Rejeki Hutagaol, Anita Sri Rejeki Hutagaol

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidakkonsistenan harga, fluktuasi harga meningkat menjelang hari besar, pelayanan yang lambat, minimnya lokasi parkir, kurangnya keberagaman produk, serta rendahnya minat beli konsumen karena kurang lengkapnya ketersediaan produk. Tujuan daripada penelitian ini guna mengidentifikasi pengaruh harga, kualitas pelayanan, lokasi, serta keberagaman produk terhadap minat beli konsumen di Pasar Aek Kota Batu, Labuhanbatu Utara. Penelitian ini bersifat asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Pengukuran keseluruhan variabel dengan skala Likert dengan 25 pernyataan, jumlah sampel penelitian yakni 125 responden melalui teknik accidental sampling. Pengujian instrumen dilakukan melalui uji validitas serta reliabilitas. Data dianalisis dengan regresi linier berganda memanfaatkan SPSS versi 25. Temuan penelitian menunjukkan persamaan regresi:Y = 7,740 + 0,255X1 - 0,043X2 + 0,312X3 + 0,101X4 + ɛ. Koefisien korelasi (R) sebesar 0,797(79,7%), sedangkan koefisien determinasi (R²) 62,2%. Secara parsial, harga, lokasi, dan keberagaman produk berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen, sementara kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan. Akan tetapi, secara simultan, harga, kualitas pelayanan, lokasi, dan keberagaman produk berpengaruh terhadap minat beli konsumen.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akmal, E., Panjaitan, H. P., & Ginting, Y. M. (2023). Service Quality, Product Quality, Price, Promotion, and Location on Customer Satisfaction and Loyalty in CV. Restu. Journal of Applied Business and Technology, 4(1), 39–54. https://doi.org/10.35145/jabt.v4i1.118

Aryani, D. N., Hartutik, Desi Derina Yusda, Ni Desak Made Santi Diwyarthi, & Yanti Setianti. (2023). Pengaruh Promosi, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Marketplace Shopee. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 9(6), 2438–2443. https://doi.org/10.35870/jemsi.v9i6.1664

Dewanata, O. Y., Santoso, B., & Rahayu, J. (2023). Pengaruh Harga, Lokasi dan Keberagaman Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Mebel Putra Furniture Puger. BUDGETING : Journal of Business, Management and Accounting, 4(2), 251–264. https://doi.org/10.31539/budgeting.v4i2.5179

Dyatmika, S. W., & Firdaus, L. M. (2021). The Effect of Price Service Quality, and Company Image on Purchase Decisions on Jalanjalan.Id Gresik. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (Ijebar), 5(2), 304–317.

Ekonomi, F., Pamulang, U., & Produk, K. (2020). Jurnal. 3(2), 108–119.

Ghufron, M., & Zuraida, L. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Keberagaman Produk, Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Alfamidi Tritunggal Yogyakarta. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 2(3), 716–730. https://doi.org/10.32477/jrabi.v2i3.557

Journal, I. E., & Purnama, I. (2020). Pengaruh Promosi Online Dan Endorserment Selebgram Terhadap Minat Beli Konsumen. 1(2), 14–20.

Juwita, N., & Hermawan, H. (2020). Pengaruh Harga, Lokasi, Dan Keberagaman Produk Terhadap Minat Beli Di Pasar Induk Wonosobo. Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE), 2(1), 106–112. https://doi.org/10.32500/jebe.v2i1.1463

Lubis & Gunawan didik. (2023). Management and business progress. 2(1), 25–33.

Mone Mau, Antonius Philipus Kurniawan, & Imelda Virgula Wisang. (2023). Pengaruh Lokasi, Harga Dan Keberagaman Produk Terhadap Minat Beli Pada Pasar Tradisional (Pasar Maumere). Jurnal Projemen UNIPA, 10(2), 56–71. https://doi.org/10.59603/projemen.v10i2.29

Muhtarom, A., Syairozi, M. I., & Yonita, H. L. (2022). Analisis Persepsi Harga , Lokasi , Fasilitas , dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Keputusan Pembelian ( Studi Kasus pada Umkm Skck ( Stasiun Kuliner Canditunggal Kalitengah ) Metode Structural Equation Modelling ( SEM ) - Partia. 10, 391–402.

Ningsih, M. G., & Siagian, M. (2024). Kosmetik Wardah Di Batam Center. 1–10.

Pohan, M. Y. A. (2022). The Influence of Product Quality on Positive Word-of-mouth Communication, Case Study at Kedai Wak Edoy Malang. Quantitative Economics and Management Studies, 3(2 SE-Articles), 282–290. https://doi.org/10.35877/454RI.qems921

Pohan, M. Y. A. (2023). Wisata Petualangan: Menguji Faktor Pendorong Niat Berkunjung Wisatawan Pada Destinasi Wisata. Jumsi, 5(4), 1–14. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/

Retno Yuniar, T., & Rohmatiah, A. (2022). Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Kereta Api. Jurnal Ekomaks Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 11(2), 206–215. https://doi.org/10.33319/jeko.v11i2.125

Ridwan, M., Militina, T., & Achmad, G. N. (2020). How Trust And Quality Of Information Affect Buying Interest and Purchasing Decisions? (study on Shopee customers in Samarinda). International Journal of Economics, Business and Accounting Research (Ijebar), 4(01), 95–102. https://doi.org/10.29040/ijebar.v4i01.910

Sadiyah, H. (2021). Harga, Lokasi dan Kualitas Pelayanan Penentu Minat Beli Konsumen. Implementasi Manajemen & Kewirausahaan, 1(2), 115–125. https://doi.org/10.38156/imka.v1i2.77

Solikha, S., & Suprapta, I. (2020). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus pada PT. Go-Jek). Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen, 10(1), 67–81. https://doi.org/10.37932/j.e.v10i1.91

Wibowo, F., Khasanah, A. U., & Putra, F. I. F. S. (2022). Analisis Dampak Kehadiran Pasar Modern terhadap Kinerja Pemasaran Pasar Tradisional Berbasis Perspektif Pedagang dan Konsumen di Kabupaten Wonogiri. Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 7(1), 53–65. https://doi.org/10.23917/benefit.v7i1.16057

Widayat, W., & Purwanto, H. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Keberagaman Produk, Suasana Toko Dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen Di Pasar Tradisional Wonosobo. Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE), 2(1), 123–132. https://doi.org/10.32500/jebe.v2i1.1458




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8473

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter