Analisis Pelayanan Penerbitan Akta Kelahiran Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Labuhanbatu Selatan
Sari
Studi ini dilakukan untuk meneliti dan menjelaskan kualitas pelayanan dalam proses pembuatan akta kelahiran terhadap kepuasan masyarakat pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Metode yang diterapkan dalam kajian ini adalah metode kuantitatif. Pengumpulan informasi dalam studi ini dilakukan melalui penyebaran kuesioner yang disebarkan pada masyarakat Labuhanbatu Selatan yang sudah menggunakan jasa layanan penerbitan akta kelahiran pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Sampel yang diambil terdiri dari 100 responden. Proses analisis data yang diterapkan mencakup pengumpulan data,penyaringan data,penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dieroeh hasil yang menunjukkan bahwa mutu layanan penerbitan akta kelahiran terhadap kepuasan masyarakat pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Labuhanbatu Selatan masih kurang memuaskan dan belum memenuhi harapan, Hal tersebut dapat di lihat dari hasil yang menunjukkan nilai negatif pada dimensil daya tanggap,empati,dan juga jaminan yang artinya dimensi tersebut tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat sedangkan dimensi bukti fisik dan keandalan bernilai positif yang artinya berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat. Berdasarkan penjelasan di atas, peneliti memberikan saran kepada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Labuhanbatu selatan agar dapat meningkatkan indikator yang belum optimal dalam dimensi daya tanggap,empati dan juga jaminan, serta menjaga kualitas pelayanan pada dimensi bukti fisik dan keandalan.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Astri, F. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Pembuatan E-Ktp Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tolitoli. Media Bina Ilmiah, 15(9), 5139–5146. http://ejurnal.binawakya.or.id/index.php/MBI/article/view/1047
Dan, K., Sipil, P., Bitung, K., Kelly, A., Sendouw, R., & Biringan, J. (2024). Efektivitas Pelayanan Akta Kelahiran Di Dinas. 15(2), 1752–1780.
Himber, J. A., Mingkid, E., & Purwanto, A. (2022). Kualitas Pelayanan Pembuatan Akta Kelahiran Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Manado Quality of Service for Making Birth Certificates At the Department of Population and Civil Registration of Manado City. 18(September), 893–904.
Kawulo, N., Setiawati, B., Negara, I. A., Makassar, U. M., Komunikasi, I., & Makassar, U. M. (n.d.). Kualitas Pelayanan Akta Kelahiran Pada. 5.
Kecamatan, K., & Kabupaten, J. (n.d.). Http://jurnal.stiatabalong.ac.id/index.php/JAPB ISSN : 2723-0937. 7.
Kelahiran, A., Khairun, H. M. D., Kamis, Y., Ali, A. K., & Tidore, U. N. (2023). 3) 1,2,3. 3(11), 7937–7942.
Maisyarah, S. (2019). Kualitas Pelayanan Akta Kelahiran Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banjar Tahun 2019. AS-SIYASAH: Jurnal Ilmu Sosial Dan Politik, 4(2), 46–53. http://dx.doi.org/10.31602/as.v4i2.2445
Manik, A., Adam, A., & Batubara, B. M. (2024). Kualitas Pelayanan Pembuatan Akta Kelahiran Pada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Simalungun. Jurnal Pemerintahan Dan Politik, 9(2), 148–152. https://doi.org/10.36982/jpg.v9i2.3887
Maulana, M., Subagyo, W. H., & Nababan, B. O. (2022). Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Akta Kelahiran pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor. Jurismata, 4(2), 205–216.
Minat, A., Siswa, B., Mata, P., Jasmani, P., Sdn, D., & Ulu, S. (2023). Jurnal Pendidikan. 4(1), 1–7.
Nababan, R., Pelayanan, K., Akta, P., Pada, K., & Kependudukan, D. (2022). Kualitas Pelayanan Pembuatan Akta Kelahiran KAabupaten Tapanuli Utara Skripsi Oleh : Romiyana Nababan Program Studi Administrasi Publik Fakultas Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Medan Area Meda 2022 Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat Untuk.
Oktober, N., Muhsin, R., Ilato, R., & Igirisa, I. (2024). Kualitas Pelayanan Publik dalam Pembuatan Akta Kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Gorontalo Public Service ( NPS ). konsumen sebagaimana dalam perusahaan swasta . New Public Management ( NPM ) mencoba dalam Kusdi 2012 ; 53 ). New Pu. 1(4).
Setiawan, M. H., Komarudin, R., & Kholifah, D. N. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Tampilan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pemilihan Aplikasi Marketplace. Jurnal Infortech, 4(2), 141. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/infortech139
Sugiyanto, E. K., & Kurniasari, F. (2020). Dimensi Kualitas Pelayanan Sebagai Upaya Peningkatan Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Hotel X Semarang). Business Management Analysis Journal (BMAJ), 3(2), 112–125. https://doi.org/10.24176/bmaj.v3i2.5372
Sulaiman, S., Sunarsih, S., & Zain, D. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik terhadap Kepuasan Masyarakat. Eksos, 18(2), 105–120. https://doi.org/10.31573/eksos.v18i2.461
Wulandari, D., Jl, A., Mada, G., Bayan, K., Purworejo, K., & Tengah, J. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik terhadap Kepuasan Masyarakat di Kantor Desa Semawung. 29(2).
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8552
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional