Strategi Pertumbuhan Ruangguru di Industri Edutech Indonesia: Inovasi, Tantangan, dan Prospek Masa Depan
Sari
Industri edutech di Indonesia berkembang pesat, didorong oleh kebutuhan akses pendidikan berkualitas dan meningkatnya penetrasi internet. Ruangguru, sebagai pemain utama, berhasil memanfaatkan momentum melalui inovasi produk seperti video interaktif, kelas live, dan fitur berbasis kecerdasan buatan seperti Roboguru. Penelitian ini menganalisis strategi pertumbuhan Ruangguru dengan pendekatan kuantitatif deskriptif, menggunakan data ulasan pengguna di Google Play Store. Hasil menunjukkan tingkat kepuasan tinggi (rating rata-rata 4.5) dan keunggulan dalam diversifikasi layanan serta jangkauan wilayah. Namun, tantangan seperti harga langganan dan masalah teknis masih perlu diatasi. Dibandingkan competitor seperti Quipper dan Pahamify, Ruangguru unggul dalam jumlah pengguna, diversifikasi layanan, dan penetrasi pasar. Penelitian ini memberikan wawasan komprehensif tentang efektivitas strategi bisnis Ruangguru serta peluang pengembangan di masa depan.
Kata Kunci: Edutech, Ruangguru, strategi pertumbuhan, inovasi, kepuasan pengguna, diversifikasi layanan, tantangan teknis, prospek bisnis
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Akbar, A., & Noviani, N. (2019, July). Tantangan dan solusi dalam perkembangan teknologi pendidikan di Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Andriani, T. (2016). Sistem pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Sosial Budaya, 12(1), 117-126.
Anastasia, J., Agustino, A., Cahyo Setyawan, F., Naibaho, N., Muh Syakur Fathurrahman, R., Setiadi, T., Nur Amalia, R., Tarumingkeng, L., Saptaji, D., Julianti, M., Tangkudung, A. G., Pakpahan, M., & Zenas Rante, J. (n.d.). Education Business Innovation in Indonesia: Challenges and Opportunities. JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(4), 6118–6125. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i4.28851
Assalamah, T. M. (2024). Strategi Viral Marketing Melalui Konten Edutainment Clash of Champions by Ruangguru Viral Marketing Strategy Through Edutainment Content Clash of Champions by Ruangguru
A. G., Pakpahan, M., & Zenas Rante, J. (n.d.). Education Business Innovation in Indonesia: Challenges and Opportunities. JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(4), 6118–6125. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i4.28851
Bandung, M., Fauzan Rifani, M., Fitriani, Y., Teknologi Kalimantan Jl Soekarno Hatta NoKM, I., Joang, K., Balikpapan Utara, K., Balikpapan, K., & Timur, K. (2020). AN ANALYSIS OF AN INNOVATION E-LEARNING ON MODERN PLATFORM. INOVISH JOURNAL, 5(2).
Damayanthi, A. (2020). Efektivitas pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 pada perguruan tinggi keagamaan katolik. Edutech, 19(3), 241-262.
Isnarizanah, G., Fathan, N., Mutaqin, R. A., & Carsiwan, C. (2024). Peran Teknologi dalam Inovasi Pendidikan di Indonesia. JIIP–Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(8), 8635–8639.
Nurfitria, N. A., & Melany, N. (2024). Menjembatani Masa Depan Pendidikan Indonesia: Memanfaatkan Teknologi untuk Mengatasi Tantangan Lokal dan Global. Edukasi Elita: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(3), 120–127.
Ruangguru. (2021, April 26). Ruangguru secures USD 55 million new investment led by Tiger Global Management. Ruangguru Blog. https://www.ruangguru.com/blog/ruangguru-secures-usd-55-million-new-investment-led-by-tiger-global-management
Setiawan, R., & Yuana, P. (2022). Implementasi lean startup pada strategi pengembangan produk startup digital berbasis website bidang education technology. Jurnal Kewirausahaan dan Inovasi, 1(1), 51–62.
Shoumi, A. Z. (2019, October). Peran multimedia dalam pendidikan pada aplikasi ruang guru. In Prosiding seminar nasional cendekiawan (pp. 2-23).
Styana, Q., & Nurhidayati, T. (2024). Strategi dan Model Inovasi Pembelajaran: Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Global. JIEP: Journal of Islamic Education and Pedagogy, 1(02), 73-83.
Suryajaya, D. M. B. B., & Pradana, B. I. (2023). STRATEGI PENGEMBANGAN STARTUP DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN LEAN CANVAS. Jurnal Kewirausahaan Dan Inovasi, 2(4), 1016–1027.
Susanto, N. W., & Hermina, D. (2024). Peningkatan Daya Saing Sekolah Melalui Implementasi Platform Pendidikan Nasional Berbasis Teknologi di Indonesia. Management of Education: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(2), 85
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i2.8964
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional