Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian
Sari
Penilitian ini bertujuan untuk menganalisisi pengaruh kualitas pelayanan, persepsi harga dan kualitas produk terdadap keputusan pembelian konsumen di Hokben Mall Poins Square. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan tehnik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Sampel dalam penilitian ini berjumlah 100 responden yang dipilih menggunakan teknik quota sampling. Pengolahan data dilakukan dengan bantuan program SPSS versi 27, dan metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa ketiga variabel indpenden (Kualitas pelayanan, persepsi harga dan kualitas produk) secara simultan memiliki pengaruh yang paling dominan. Namun, persepsi harga tidak berpengaruh secara signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian di Hokben Mall Poins Square. Temuan ini mengindikasikan bahwa untuk meningkatkan keputusan pembelian, Hokben Mall Poins Square perlu memprioritaskan peningkatan kualitas pelayanan dan kualitas produk mengingat persepsi harga bukan merupakan faktor dominan bagi konsumen di lokasi tersebut.
Kata Kunci: Kualitas pelayanan, Persepsi Harga, Kualitas Produk, Keputusan pembelian, Hokben.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arianto, N., & Octavia, B. D. A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Distribusi terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(2), 98. https://doi.org/10.32493/drb.v4i2.9867
Ariella, R. I. (2018). “Pengaruh kualitas produk, harga produk dan desain produk terhadap keputusan pembelian Konsumen Mazelnid.” PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 3(2), 215–221.
Baroroh, B. A., & Sutanto, J. E. (2021). The Effect of Service Quality, Price, and Brand Image on Purchasing Desicions of Moslem Wedding Equipment Service. International Journal of Review Management Business and Entrepreneurship (RMBE), 1(1), 41–49. https://doi.org/10.37715/rmbe.v1i1.1948
Budiono, A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Promosi, Lokasi, Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen Di Rumah Makan Bebek Kaleo Tebet Jakarta Selatan Dimasa Pandemi Covid-19. SEGMEN Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 17(2), 223–247. https://doi.org/10.37729/sjmb.v17i2.6868
Christono, A. B. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan. Journal of Economics and Business UBS, 8(1), 1–17. https://doi.org/10.52644/joeb.v8i1.13
Cynthia, D., Hermawan, H., & Izzudin, A. (2022). Terhadap Keputusan Pembelian. PUBLIK:Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, IX, 104–112.
Dwi, D. M. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Diskon, Dan Keputusan Pembelian Online Maharani Prima Skin Care Blitar. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24.
Edriani, D. (2021). Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Ekobistek, 10(1), 132–135. https://doi.org/10.35134/ekobistek.v10i2.114
Indrasari, Nm. (2015). PEMASARAN DAN KEPUASAN PELANGGAN.
Jamaludin, A., Arifin, Z., & Hidayat, K. (2015). KEPUTUSAN PEMBELIAN ( Survei Pada Pelanggan Aryka Shop di Kota Malang ). Pengaruh Promosi Online Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian, 21(1), 1–8.
Kasmir. (2017). Customer Service Excelent: Teori dan Praktik. PT RajaGrafindo Persada, Jakarta.
Komala, K. (2021). Pelayanan Prima Organisasi Agile (Edisi 1).
Kotler, P., & Amstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran (p. 45).
Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Principles of Marketing. Economica, 19, 118. https://doi.org/10.2307/2548367
Kotler, P., & Amstrong, G. (2018). Principles of Marketing. In Early Greek Mythography, Vol. 1: Texts. https://doi.org/10.1093/oseo/instance.00295839
Kotler, P., & Keller, K. L. (2006). Marketing Management, Twelfth Edition. In Pearson Education, Inc.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Pearson. https://doi.org/10.2307/1250781
Mardo, S. (2016). Manajemen Pemasaran Jasa. Deepublish Publisher.
Mendur, M. E. M., Tawas, H. N., & Arie, F. V. (2021). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk Dan Atmosfer Toko Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Immanuel Sonder. Jurnal Emba, 9(3), 1079. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/35296/33013
Nopebrianti, N., & Putri Ramadhani, A. (2022). The Effect of Promotion on Consumer Purchase Decisions for GrabFood (Study in The City of Tasikmalaya). International Journal Administration Business and Organization, 3(1), 7–18. https://doi.org/10.61242/ijabo.22.191
Parasuraman, A; Berry, Leonard L; Zeithaml, V. A., Kelley, S. W., & Turley, L. . (1988). SERVQUAL: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing, 64(1), 5–6. http://linkinghub.elsevier.com/retrieve/pii/S0148296399000843
Runtunuwu, J., Sem, O., & Taroreh, R. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Brand Image Terhadap Kepuasan Pelanggan. Manager : Jurnal Ilmu Manajemen, 2(3), 376. https://doi.org/10.32832/manager.v2i3.3713
Sandala, F. D., Tumbel, A. L., & Tampenawas, J. L. A. (2021). Pengaruh Kelompok Referensi, Persepsi Harga Dan Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Umkm Beenji Cafe Di Sario Kecamatan Sario. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(1), 878–886.
Saputra, G. W., & Ardani, I. G. A. K. . (2020). PENGARUH DIGITAL MARKETING, WORD OF MOUTH, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. E-Jurnal Manajemen, 9(7), 2596–2620.
Setyarko, Y. (2016). Analisis Persepsi Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Secara Online. Ekonomika Dan Manajemen, ISSN: 2252-6226, 5(2), 128–147.
Subianto, T. (2017). Studi Tentang Perilaku Konsumen Beserta Implikasinya Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekonomi MODERNISASI, 3(3), 165–182.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D.
Tjiptono, F. (2016). Landasan Teori. Dasar-Dasar Ilmu Politik, 13, 17–39.
Vaclavik, V., & Christian W, E. (2008). Essential of Food Science. In Sustainability (Switzerland) (3rd ed., Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Wahyuni, D. urip. (2008). Pengaruh Motivasi, Persepsi Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek “Honda” Di Kawasan Surabaya Barat. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 10(1), pp.30-37. http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/man/article/view/16790
Wibowo, H. A., & Fausi, M. (2017). Pelayanan Konsumen. Parama Publishing.
Wulandari, R. D., & Iskandar, D. A. (2018). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Kosmetik. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 3(1), 11–18. https://doi.org/10.36226/jrmb.v3i1.81
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i3.9469
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional