Strategi Pembelajaran Pesantren Ekologi Hidayatul Irpan dalam Melahirkan Peace Worker

Irpan Ilmi

Sari


Permasalahan tentang memanusiakan manusia seakan tidak pernah usai dibicarakan dalam berbagai kajian. Kasus-kasus intoleran terus bermunculan dan menjadi polemik yang tidak berkesudahan. Indonesia sendiri memiliki banyak warisan konsep yang telah diwariskan, diimplementasikan secara turun-temurun baik melalui hukum yuridis ataupun hukum kebudayaan bahkan keagamaan. Pesantren merupakan kawah candra dimuka untuk menuntaskan permasalahan intoleransi di Indonesia, karena pesantren adalah lembaga kaderisasi tokoh yang akan memimpin bangsa Indonesia ini. Pesantren Ekologi Hidayatul Irpan adalah pesanten yang mengajarkan nilai-nilai perdamaian melalui nilai-nilai alam semesta. Alam semesta adalah sumber pendidikan nilai. Sumber pendidikan nilai adalah Tuhan Y. M. E.. Di Pesanten Ekologi ini, santri diajarkan tentang nilai, moral, prinsip dan akhlak yang baik dalam membangun interaksi sesama umat manusia, baik yang beragama Islam, Kristen Katolik, dan Protestan. Perbedaan, di Pesantren Ekologi Hidayatul Irpan bukan sebuah ancaman untuk hidup rukun dalam agama yang berbeda. Perbedaan adalah rahmat kasih sayang untuk membangun hidup tentram, sejahtera dan berkadilan, serta bekejelanjutan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Peniliti melakukan wawancara dan pengamatan lapangan, serta telibat dalam berbagai aktifitas di pesantren. Sehingga peneliti dapat melihat bagaimana pesantren ekologi mengusung strategi melahirkan Peace Worker (pekerja perdamaian).

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Achmad Yusuf, “Moderasi Islam Dalam Dimensi Trilogi Islam (Akidah Syariah Dan Tasawuf) (Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Volume 3, Nomor 2, Juni2018”207-210

Ahmad, “Manajemen Strategis”(Makasar: Nas Media Pustaka, 2020) .5-6

Amin, A. M. (2021). Implementasi Pembentukan Karakter Multikultural Santri Pondok Pesantren Riyadlus Sholihin Kota Probolinggo. Tarbiyatuna, 14(1), 46-68.

Arifin, Z. (2012). Perkembangan Pesantren Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(1), 40-53.

Baidhawy, Z. (2014). Pendidikan Agama Islam Untuk Mempromosikan Perdamaian Dalam Masyarakat Plural. Analisis: Jurnal Studi Keislaman, 14(2), 289-309. Hal. 296

Endang Prastutu, “Rasa Syukur, Kunci Kebahagiaan Dalam Keluarga” (Yogyakarta: Deepublish Publisher, 2019) 44

Fachroly, R. (2019). Hukum Islam Dan Perubahan Sosial Kemasyarakatan Era Jahiliyah (Kajian Sejarah Hukum Islam Tentang Pola Karakter Prinsip Egaliter Dalam Hukum). Syariah Darussalam: Jurnal Ilmiah Kesyariahan Dan Sosial Masyarakat, 1(1).

Halimatus Sa’diyah, Sri Nurhayati. 2019. Pendidikan Perdamaian Perspektif Gus Dur : Kajian Filosofis Pemikiran Pendidikan Gus Dur. Tadris: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 14, No. 2 (December 26, 2019)

Ikhsan, M. A. (2017). Nilai-Nilai Cinta Tanah Air Dalam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(2), 108-114. Hal. 108-109

Khoiri, Q. 2020. Penguatan Kelembagaan Pesantren Di Provinsi Bengkulu (Analisis Partisipasi Dan Kontribusi Masyarakat). Potret Pemikiran, 24(1), 1-11.

Maruf, M. 2019. Pondok Pesantren: Lembaga Pendidikan Pembentuk Karakter. Jurnal Mubtadi'in, 5(02), 93-104.

Purnomo, H. (2008). Kemampuan Bekerjasama Dan Proses Pembiasannya Melalui Pembelajaran Fisika Sma Berbasis Empat Pilar Pendidikan (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Rosa Kusuma Dewi Azhar, Khoiruddin Bashori, Muhammad Samsuddin, “Penanaman Nilai-Nilai Perdamaian Di Peacesantren”, Jurnal Studi Islam, Vol.21, No. 2, (Desember 2020) 135

Rosidin Dan Muhammad Gufron, “Pendidikan Agama Islam”(Malang: Edulitera, 2020) .163

Salmah, S. (2018). Menelaah Kisah Tarbawi Dalam Hadis Tentang Kisah Nabi Dan Semut. Proceeding Iain Batusangkar, 1(2), 407-424.

Yaqin, A. “Nalar Moderasi Dalam Kitab Kuning: Studi Epistemologi Pemikiran Intelektual Islam” Di Dalam Muktamar Pemikiran Santri Nusantara Tahun 2019 –Satri Mendunia; Tradisi, Eksistensi,Dan Perdamaian Global”, Ed, (Jakarta: Direktorat Pendidikan Diniyah Dan Pondok Pesantren, 2020) 15.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v4i3.959

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter