Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga,Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Ke Jossi
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, persepsi harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian di JOSSI Ancol. Penelitian dilakukan pada bulan Mei 2025 dengan jumlah responden sebanyak 128 orang yang pernah melakukan pembelian di gerai JOSSI. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sedangkan instrumen pengumpulan data berupa kuesioner dengan skala Likert. Seluruh data dianalisis menggunakan SPSS versi 25 melalui uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, kualitas pelayanan dan promosi memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sementara persepsi harga tidak berpengaruh signifikan. Secara simultan, ketiga variabel berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, ditunjukkan oleh nilai signifikansi 0,000. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 83,6% menunjukkan bahwa ketiga variabel tersebut mampu menjelaskan sebagian besar variasi dalam keputusan pembelian di JOSSI.
Kata kunci: Kualitas Pelayanan, persepsi harga, promosi, keputusan pembelian
Teks Lengkap:
PDFReferensi
akbarullah, a. A., & silitonga, p. (2024). The impact of product quality, product design and price perception increasing purchase decisions mediated by brand image in lock n lock indonesia. Business management analysis journal, 07(01), 126.
Ardiansyah, r. W. (2021). The effect of price perception , quality perception , and location on purchase decisions. International journal of economics, business and accounting research, 2021(2), 9.
Asdar, m. (2023). Manajemen pemasaran perusahaan (m. Asdar (ed.)). Lajagoe pustaka.
Djafar, n., yantu, i., sudirman, s., hinelo, r., & hasiru, r. (2023). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian. Journal of economic and business education, 1(2), 78–82. Https://doi.org/10.37479/jebe.v1i2.18046
Firmansyah, a. (2019). Pemasaran (q. Media (ed.)). Cv. Penerbit qiara media.
Hanaysha, j. R. (2022). International journal of information management data insights impact of social media marketing features on consumer ’ s purchase decision in the fast-food industry : brand trust as a mediator. International journal of information management data insights, 2(2), 100102. Https://doi.org/10.1016/j.jjimei.2022.100102
Hermantoro, h. (2015). Kepariwisataan destinasi pariwisata produk pariwisata (a. Pratitha & d. Gupitararas (eds.)). Cv aditri.
Hurriyati, r. (2015). Buku bauran pemasaran dan loyalitas konsumen.
Indrasari, m. (2019). Pemasaran & kepuasan pelanggan. In sustainability (switzerland) (vol. 11, issue 1).
Isnania, f. N., & budiono, a. (2022). Kepuasan pengunjung taman impian jaya ancol yang di pengaruhi daya tarik wisata, life style dengan persepsi harga sebagai variabel mediasi. Mamen: jurnal manajemen, 1(3), 319–333. Https://doi.org/10.55123/mamen.v1i3.683
Kotler, p. (2006). Marketing management (k. Stevens (ed.); 12th ed.). Pearson.
Kotler, p., & armstrong, g. (2012). Principles of marketing. 1–23.
Kotler, p., armstrong, g., & opresnik, marc, o. (2018). Principles of marketing. In pearson. Pearson education limited.
Kotler, p., & keller, k. L. (2016). Marketing management.
Mullin, r., & cummins, j. (2008). Sales promotion (4th ed.). Kogan page limited.
Nurbaniyah, v., & tuti, m. (2022). Pengaruh kualitas produk, promosi pada kepuasan harga melalui keputusan pembelian di restoran richeese factory jatiwaringin. Idei: jurnal ekonomi & bisnis, 3(1), 40–50. Https://doi.org/10.38076/ideijeb.v3i1.114
Parasuraman, a., zaithaml, v. A., & l., a. B. L. (1988). Servqual : a multiple-item scale for measuring consumer perceptions of service quality. Jurnal of retailing, 64(september 2014), 12–35.
Rayhaniah, s. A. (2022). Komunikasi pemasaran. In m. Silalahi (ed.), jakarta: erlangga (issue 45).
Sari, d. K., & paludi, s. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan promosi terhadap kepuasan pelanggan di restoran uccello. Majalah ilmiah panorama nusantara, 15(1), 14.
Situmeang, p. A., nainggolan, b. M. ., & kristiadi, a. A. (2019). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan kepercayaan terhadap kepuasan pelanggan di restoran sushimas. Jurnal eduturisma, iv, 55.
Talumantak, r. (2023). Pengaruh persepsi harga, kualitas produk, dan promosi terhadap keputusan pembelian di hours coffee and more jakarta. Human capital development, 10(3), 1–10. Http://ejournal.asaindo.ac.id/index.php/hcd
Ummah, t. R., & saragih, d. R. U. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan , promosi , dan suasana restoran terhadap kepuasan pelanggan di sailendra restaurant. Panorama nusantara, 17(2), 11.
Utari, y. D., & suhardi. (2022). Analisis kualitas produk, promosi online dan testimonial terhadap keputusan pembelian produk scarlett di shopee. Simanis, 169–177.
Wijayanto, a., & silitonga, p. (2023). Product quality . Price perception increasing brand image : the mediating role of social media marketing. Human capital development, 10(2), 18.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i3.9636
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional