Pengaruh Social Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada UMKM di Kalangan Mahasiswa (Studi Mahasiswa Pancabudi)
Sari
Riset ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Social Media Marketing terhadap keputusan pembelian konsumen pada pelaku UMKM. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik purposive sampling sebanyak 30 responden. Data dianalisis menggunakan regresi linier sederhana dan uji t untuk menguji pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Social Media Marketing berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dengan nilai t-hitung sebesar 2,023 lebih besar dari t-tabel 1,69 dan nilai signifikansi mendekati batas pengujian. Temuan ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media sosial sebagai sarana pemasaran dapat meningkatkan minat dan keputusan konsumen dalam membeli produk UMKM. Oleh karena itu, pelaku UMKM disarankan untuk mengoptimalkan penggunaan media sosial dalam strategi pemasaran guna meningkatkan penjualan.
Kata Kunci: Social Media Marketing, Keputusan Pembelian, UMKM
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Erwin, E., Judijanto, L., Yuliasih, M., Nugroho, M. A., Amien, N. N., & Mauliansyah, F. (2024). Social Media Marketing Trends. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Hanjaya, B. S., Budihardjo, B. S., & Hellyani, C. A. (2023). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada UMKM. Jurnal Riset Manajemen Dan Ekonomi (Jrime), 1(3), 92-101.
Hartono, R., Sudiarjo, A., & Supriatman, A. (2024). Pemanfaatan Social Media Marketing Untuk Pemasaran Digital Bagi UMKM Tanaman Hias. PROFICIO, 5(1), 582-587.
Holilah, N. (2022, December). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Dalam Strategi Martketing, Terhadap Elektronik Word of Mouth (E-Wom), Kualitas Pelayanan Dan Keputusan Pembelian Di Media Sosial Tiktok (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Nusa Putra Sukabumi): Proposal Penelitian. In Prosiding Seminar Nasional Manajemen dan Bisnis (Vol. 2).
Kolinug, M. S., Mananeke, L., & Tampenawas, J. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Revlon (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(3), 101-111.
Narottama, N., & Moniaga, N. E. P. (2022). Pengaruh social media marketing terhadap keputusan pembelian konsumen pada destinasi wisata kuliner di kota Denpasar. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), 8(2), 741-773.
Norhikmah, N., Farkhan, M., Farida, F., Idrus, R., Mukhlis, I. R., Apriyanto, A., & Magdalena, L. (2024). Buku Ajar Sistem Pengambilan Keputusan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Setiawan, Z., Zebua, R. S. Y., Suprayitno, D., Hamid, R. S., Islami, V., & Marsyaf, A. (2024). Buku Ajar Perilaku Konsumen. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Sudiana, M. A., & Fitriana, N. (2024). Kualitas Produk, Harga, Dan Citra Merek Coca-Cola: Apakah Memengaruhi Keputusan Pembelian?. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Indonesia, 4(4), 880-894.
Syafika, N., Nurpratiwi, A., Ismail, L., & Nasriah, N. (2025). Ketika Tren Menjadi Peluang: Analisis Sosiologi Ekonomi Atas Perilaku Bisnis Gen Z di Era Digital. Journal of Management and Social Sciences, 4(1), 37-46.
Priyatno, Duwi. (2019). Panduan Praktis Olah Data Menggunakan SPSS. Edisi I. Yogyakarta:
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i3.9673
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional