Optimalisasi Manajemen Sarana dan Prasarana sebagai Faktor Penentu Pencapaian Akreditasi Unggul
Sari
Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh manajemen sarana dan prasarana terhadap pencapaian akreditasi di SMPN 7 IT Dompu. Metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear sederhana, dengan 54 responden. Hasil penelitian menunjukkan manajemen sarana dan prasarana memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pencapaian akreditasi, dengan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05). Berdasarkan nilai Adjusted R Square, variabel ini mampu menjelaskan sebesar 19,7% dari variasi yang terjadi pada pencapaian akreditasi, yang menandakan adanya faktor-faktor penting lain di luar model ini. Implikasi dari temuan ini adalah pengelolaan fasilitas yang efektif dan efisien merupakan strategi yang valid dan terbukti secara empiris bagi sekolah untuk meningkatkan mutu serta skor akreditasinya. Oleh karena itu, sekolah disarankan untuk terus memprioritaskan manajemen sarana dan prasarana secara terencana sebagai bagian integral dari upaya peningkatan kualitas berkelanjutan.
Kata Kunci: Manajemen Sarana dan Prasarana, Akreditasi, Manajemen Pendidikan
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abidin Wakano, 2023. Mendikbudristek Telah Menggabungkan BAN SM Dengan BAN PAUD BNF. Tersedia : https://suara Paparisa.com. (di Akses 18 Februari 2025)
Alamil Huda. 2023. Skor PISA 2022 di Nilai Tunjukan Krisis Kualitas Pendidikan Indonesia Belum Berakhir. Tersedia : https:/news.republik.co.id. (di Akses 16 Februari 2025)
Ardiansyah, R. (2024). Pengaruh Manajemen Sarana dan Prasarana Terhadap Pencapaian Akreditasi di SMKN 1 Kotabumi. Universitas Islam Negri Raden Intan Lampung. Diakses dar https://repository.radenintan.ac.id/34081/
Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta. Andi Offset. 123-130. Diakses dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/jpi/article/view/8934
Darlina, S. (2017). Kelayakan Sarana dan Prasarana Pendidikan pada Sekolah Dasardi Kota Tarakan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(2),
Datulinggi, B, Limbong, M, & Sunaryo, T. (2021) Pengaru Manajemen Sarana dan Prasarana dan Komitmen Guru Terhadap Mutu Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kristen Tagari rentepao. Jurnal Pendidikan Tambusan Volume 5 Nomor 1. https://doi.org/10.3185/jmksp.v317.1522)
Depdiknas, 2008. Peraturan Pemerintah RI NO. 19 Tahun, 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan, Jakarta : Depdiknas
E, Mulyasa. 2002. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung : PT Kewaja Rosdakarya. Cetakan VIII
Gasper s2, V. 2005. Total Quality Management. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
George R. Terry. 2006. Prinsip – Prinsip Manajemen. Jakarta : Bumiaksa
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program 1BM SPSS23 (edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Di Ponegoro
Haris Septian, Rismawati. Pengaruh Kualitas Sarana dan Prasarana Sekolah Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Smpn Bengkelis Jurnal Niara,vol.17(2),2023
Husaini, Usman. 2010. Manajemen Teori Praktik dan Riset Pendidikan, Jakarta : PT Bumi Nusantara.
Ibrahim, Bafadal. Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori dan Aplkasinya. Jakarta : Bumi Aksa 2023
Limbong, M. 2022. Manajemen Pendidikan di Perkebunan Sawit. Penglayunganapedes Tasik Melaya. Perkumpulan Rumah Cemerlah Indonesia. (PRCI)
Maulana, M. I. 2022. Peran Sistem Akreditasi Dalam Meningkatkan Produktivitas Di Lembaga Pendidikan. Ar – Rosikun : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 12 (1), 47-57
Nursiwat & Rahmawati. Pengaruh Sarana dan Prasarana Terhadap Kinerja Guru Serta Dampaknya Pada Mutu Kelulusan Pada SMP Negri Se-kecamatan Bandar Laksmana. Jurnal Menara Ekonomi, Vol1.10(2),2022
Peraturan Mentri Pendidkan Nasional NO 24 Tahun 2007. (2007) Tentang Standar Sarana dan Prasarana Untuk SD,SMP, SMA
Pratiwi Eka, yuli & Indra. 2016. Pengaruh Sarana & Prasarana Belajar Terhadap Peserta Didik di SMPN 29 AL – Azhar BSB Semarang. (di akses 30 juni 2024). https://walisong.ac.id.eprint/6668
Rosida, Ramadhoan. 2024. Pengaruh Manajemen Sarana dan Prasarana Terhadap Pencapaian Akraditasi A di SMK Negri 1 Kota Bumi. https://repository.radenintan.ac.id/id/@print/34081 (di akses tgl 1 juli 2025)
Safitri, N. (2019). Pengaruh Manajemen Sarana dan Prasarana Terhadap pencapaian Akreditasi A di Madrasah Aliyah Negri 1 Makasar. Diakses dari https://text-id,123dok.com/document/yer8v0rq-pengaruh-manajemen-sarana-dan-prasarana-terhadap-pencapaian-akreditasi-a-di-madrasah-aliyah-negri-1-makassar.html
Sakti, M. A. F, Sunarso & Setya Ningsi. Pengaruh Lingkungan Belajar, Motivasi Belajar, dan Sarana dan Prasarana Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Prodi Manajemen. Jurnal Of Economi, Acconting and Management.vol.3(1),2025
Sari, D. M. (2020). Pengaruh Manajemen Sarana dan Prasarana Terhadap Akreditasi Madrasah di MA Darul Hikmah Pekanbaru. Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau. Diakses dari https://repository.uin-suska.ac.id/26391/
Silitonga Dikson (2024). Manajemen Sarana dan Prasana di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negri 3 Jakarta Pusat. Jurnal Lentera Bisnis (Online), Volume 13, Nomor 3. (Doi : 10.34127/jurlab.V1313.1250)
Sudirman, 1. (2004) Metodelogi Pengembangan Model (Shop System Methodlology) Sistem 1 PO Mencakup Komponen Instrumen Input Seperti Fasilitas / Sarana Pendidikan . Jakarta.
Sulaeman,A. (2024). Pengaru Manajemen Sarana dan Prasarana terhadap Mutu Pendidikan di MTsN 1 Bandung. UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Diakses dari https;//digilib.uinsgd.ac.id/102069/
Sugiharto, Sitinjak. 2006. Lisler, Cetakan Pertama, Yogyakarta. Penerbit Geaha Ilmu
Zainatul Widet, Eka Diana. 2025. Implementasi Manajemen Sarana dan Prasarana Dalam MeningkatkanAkraditasi Sekolah. Vol.10 NO. 02 (2025) https;//doi.org/10.23969/jp.v10102.23530
Zulkifli,M. 2015. Kinerja Badan Akreditasi Propinsi Sekolah Madrasah (Bap S/M) Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Provinsi Sulawesi Tenggara Zulkifli. M. JurnalAl – Ta’dub, 8 (2), 168-190.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i3.9677
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional